Sembilan Desa Ingin Langkaplancar Mekar

292
0
DEKLARASI. Sembilan desa di Langkaplancar mendeklarasikan diri mendukung pemekaran Kecamatan Langkaplancar beberapa waktu lalu.

PANGANDARAN – Sebanyak sembilan desa di Kecamatan Langkaplancar mendeklarasikan diri, untuk mendukung adanya pemekaran di kecamatan tersebut. Pasalnya akses menuju ibu kota kecamatan menjadi salah satu alasan.

Tokoh Pemuda Kecamatan Langkaplancar Muhtadin mengatakan sembilan desa yang menginginkan adanya pemekaran kecamatan itu diantaranya Bungurraya, Bojong, Jadikarya, Bangunkarya, Jadimulya, Sukamulya, Cisarua, Karangkamiri dan Cimanggu.

“Semuanya masuk kedalam Langkaplancar bagian timur, dimana akses menuju pusat pemerintahannya jauh,” ujarnya kepada Radar, Kamis (13/6).

Pusat Pemerintahan Langkaplancar sendiri berada di Bangunjaya, yang letaknya jauh dengan sembilan desa tersebut. “Sehingga masyarakat yang akan mengurus segala sesuatu ke kecamatan, dipastikan harus menempuh waktu yang lama,” jelasnya.

Letak ke sembilan desa tersebut, kata dia, justru lebih dekat ke pusat pemerintahan Kabupaten Pangandaran. ”Ya memang ironis sih, makanya saat acara halal bihalal, masyarakat dari sembilan desa menginginkan adanya pemekaran dan dilakukan lah deklarasi,” ucapnya.

Wacana pemekaran ini, lanjut Muhtadin, memang sudah lama digaungkan oleh masyarakat. Bahkan sempat dibentuk Forum Pemekaran Kecamatan.

”Kedepanya kami akan mengonsultasikan kembali dengan pemerintah daerah mengenai keinginan tersebut, karena pemekeran itu tidak begitu saja terjadi,” jelasnya.

Warga Kecamatan Langkaplancar, Agus Wiranata (31) mengatakan jarak dari sembilan desa menuju pusat pemerintahan bisa ditempuh hingga satu jam lebih. ”Untuk jalannya sendiri masih kurang bagus,” terangnya.

Agus menambahkan ada 15 desa di Kecamatan Langkaplancar. Untuk luas wialayah kecamatan tersebut memang yang paling besar.

”Dan sudah sejak lama masyarakat di bagian timur menginginkan adanya pemekaran,” ucapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.