Sempat Terdampak Corona, Layanan Akad Nikah di Kabupaten Tasik Kembali Dibuka

390
0

SINGAPARNA – Pelayanan akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) resmi dibuka kembali. Hal itu berdasarkan Surat Edaran No P-004/DJ.III/Hk 00.7/04/2020 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pelayanan Nikah di masa darurat wabah Covid-19.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Drs H Usep Saepudin Muhtar MPd mengatakan, pelaksanaan akad nikah sekarang kembali bisa diselenggarakan di KUA. Namun, itu hanya diizinkan bagi calon pengantin yang telah mendaftar sampai 23 April 2020. “Bagi permohonan akad nikah yang didaftarkan setelah 23 April 2020 tidak dapat dilaksanakan sampai 29 Mei 2020,” ujarnya kepada Radar, Minggu (26/4).

Baca juga : Hindari Kerumunan Massa, Setiap Sore HZ Mustofa Kota Tasik Ditutup 2 Jam

Kata Usep, Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Ditjen Bimas Islam Kemenag mencatat ada puluhan ribu calon pengantin (catin) yang telah mendaftar hingga 23 April 2020.  Sebagian dari mereka sudah melangsungkan akad nikah di KUA pada 22 dan 23 April 2020.

Walaupun sudah dibuka kembali, kata dia, pelaksanaan akad nikah di KUA harus menerapkan protokol kesehatan. Jika hal itu tidak dapat dipenuhi, KUA kecamatan wajib menolak pelayanan akad nikah.

Baca juga : Warga Tawang Kota Tasik yang Meninggal Positif Corona Terpapar Sepulang dari Zona Merah

“Menghindari kerumunan di KUA, pelaksanaan akad nikah dibatasi sebanyak delapan pasang catin dalam sehari. Jika permohonan kuota setiap hari terpenuhi, KUA bisa menangguhkan pelaksanaan akad nikah tersebut di hari lain,” katanya, menambahkan. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.