Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.2%

20.3%

8.1%

67.4%

Semua Angkutan Barang harus Lewat Lingkar Selatan Ciamis

157
0
MULAI UJI COBA. Kendaraan barang mulai melintasi Jalan Lingkar Selatan (JLS) Ciamis Rabu (15/7). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pemkab Ciamis mulai memfungsikan Jalan Lingkar Selatan (JLS), Rabu (15/7).

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya MM secara simbolis mengalihkan kendaraan angkutan barang dari dalam kota Ciamis ke jalan sepanjang 17 kilometer tersebut.

Pengalihan angkutan barang dari dalam kota ke JLS dimulai dari kawasan Makam Taman Pahlawan Imbanagara Kabupaten Ciamis.

Baca juga : Alfamart Cimaragas Ciamis Dibobol Maling, Ini Barang yang Hilang..

Kendaraan barang yang dialihkan ke JLS, kata Bupati, untuk mengurangi kepadatan di jalan protokol.

“Maka bagi pengemudi kendaraan angkutan barang yang hendak menuju arah Jawa Tengah dan ke arah Tasikmalaya atau Jabodetabek yang melewati Ciamis selanjutnya dialihkan melalui jalur Lingkar Selatan,” ujar Bupati usai secara simbolis mengalihkan kendaraan barang ke JLS.

Hasil pengamatannya, JLS sampai saat ini masih memerlukan kelengkapan rambu-rambu lalu lintas. Pihaknya akan secara bertahap melengkapinya.

“Seperti rambu-rambu jalan dan penerangan lainnya,” ujarnya.

Menurut Bupati, Pemkab akan melengkapi JLS dengan penerangan jalan umum (PJU), drainase dan menambah rambu-rambu.

“Mudah-mudahan dengan dialihkannya kendaraan angkutan barang melalui Jalur Lingkar Selatan bisa memperlancar transportasi di Kabupaten Ciamis serta lebih berkembang lagi,” tutur orang no­mor satu di Pemkab Ciamis ini.

Kepala Dinas Perhubungan Ciamis H Endang Sutrisna menjelaskan JLS mulai diujicobakan 15 Juli sampai 22 Juli 2020. Selama uji coba tersebut, pihaknya akan memantau dan mengawasi kendaraan-kendaraan di jalan yang mulai dibangun era Bupati Taufik Hidayat masa 1990-an itu.

”Apabila ada pelanggaran akan diberikan sanksi peringatan berupa teguran, kecuali setelah selesai masa uji coba akan dilakukan tindakan sanksi bukti pelanggaran tilang oleh pihak Kepolisian Resor Ciamis, sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” bebernya.

Baca juga : Pilkades Serentak di Ciamis, Pemdes Lakukan Ini..

Kendaraan barang dari arah Kota Banjar atau Tasikmalaya diwajibkan melewati JLS.

Mereka masuk melalui Jalur Bojong Cijeungjing. Adapun untuk kendaraan barang dari arah Tasikmalaya masuk dari Simpang Imbanagara (Taman Makam Pahlawan) sebelum Gapura Selamat Datang.

“Dari arah Kota Banjar Jawa Tengah dan Tasikmalaya atau Jabodetabek yang hendak menuju ke arah utara (Kawali atau Cirebon, Red) masih bisa melalui jalur Ciamis Kota.

Sedangkan angkutan yang dikecualikan atas kebijakan tersebut diantaranya, kendaraan kepolisian, militer, pemerintah dan kendaraan pengangkut BBM,” terangnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.