Semua Harus Fokus, Target ODF Kota Tasik Dikebut

99
0
dr Uus Supangat Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya

TASIK – Pemerintah Kota Tasikmalaya mempercepat target pencapaian Open Defecation Free (ODF), dari awalnya ditargetkan tahun 2022, dipercepat menjadi tahun 2021.

Hal ini seiring akan dilaksanakannya penilaian Kota Sehat yang digelar tahun 2021. Pasalnya, untuk meraih penghargaan Kota Sehat tersebut harus mencapai ODF 100 persen.

Baca juga : Penyebar Hoaks Jasad Del Siswi SMPN 6 Kota Tasik yang Ditemukan di Gorong-gorong Diringkus Polisi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Uus Supangat meminta semua pihak berperan aktif dalam merealisasikan pencapaian ODF di tahun 2021.

“Pak Wali ingin Kota Tasik sudah ODF di 2021, maka perlu sinergitas antara kecamatan, kelurahan dan masyarakat dalam mewujudkannya,” ujar Uus kepada Radar, kemarin (6/2).

Uus menjelaskan di tahun ini pihaknya telah menganggarkan sebesar Rp 5, 2 miliar untuk ODF. Yang nantinya akan digunakan bagi program pemicuan, pembentukan satgas ODF, pemberdayaan masyarakat, stimulan, Jawara ODF dan lainnya.

“Ditambah support anggaran yang sudah diintegrasikan dengan kecamatan dan kelurahan dalam membantu terlaksananya ODF sesuai target,” tuturnya.

Maka dari itu, pihaknya terus mengajak seluruh stakeholder juga satgas ODF untuk bisa membangkitkan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya hidup sehat. “Karena semua program ODF yang akan dilaksanakan, muaranya semua untuk masyarakat kembali,” terangnya.

Baca juga : 1 Penderita DBD di Kota Tasik Meninggal, 45 Orang Terjangkit & Akan Terus Meningkat

Terpisah, Lurah Sambongjaya Kecamatan Mangkubumi Suryaman Saputra mengatakan sebagian dana kelurahan nantinya akan digunakan bagi strategi sanitasi aman dan ODF.

Sebab di 2019, capaian kelurahan kami sudah ODF sebesar 86 persen. Supaya bisa ditingkatkan kembali di 2020, dengan pembinaan kepada masyarakat dan pembangunan septic tank,” katanya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.