Semua KA tak Berhenti di Kota Tasik

952
0
BEROPERASI. Bus Primajasa saat melintas di perbatasan Kota Tasikmalaya menuju arah Bandung Minggu (29/3). Rangg jatnika / Tasikmalaya

TASIK – Kebijakan karantina wilayah dari Pemerintah Kota Tasikmalaya berdampak kepada layanan transportasi. Untuk sementara, Kereta Api (KA) tidak akan berhenti di Stasiun Tasikmalaya.

Manajer Humas PT KAI Daop II Noxy Citrea mengatakan pihaknya ikut mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah. Diantaranya dengan melakukan pengurangan KA yang beroperasi. “Dalam rangka mendukung program pemerintah mencegah penyebaran virus corona,” ungkapnya, Minggu (29/3).

Baca juga : Jenazah Positif Corona di Kota Tasik Akhirnya Dikremasi di Kawalu (Video)

Menurutnya, ada 9 perjalanan KA yang dibatalkan dari 29 -31 Maret yakni Turangga, Mutiara Selatan, Argo Wilis, Malabar, Pangandaran (dua perjalanan), Pasundan dan Galunggung (2 perjalanan). Kesembilan perjalanan KA tersebut, kata dia, merupakan relasi Bandung menuju Surabaya, Tasikmalaya dan Banjar.

Namun demikian, masih ada beberapa perjalanan KA yang tetap beroperasi seperti biasa dari Bandung menuju arah timur atau sebaliknya. Sehubungan dengan karantina wilayah yang dilakukan Pemerintah Kota Tasikmalaya, KA tidak akan berhenti di Stasiun Tasikmalaya. “Hal ini sebagai dukungan terhadap langkah karantina lokal yang dilaksanakan Pemkot Tasikmalaya,” tuturnya.

Pengurangan perjalanan KA tersebut, berdampak kepada pembatalan tiket yang sudah dipesan oleh konsumen secara otomatis. Pihak KT KAI melakukan pengembalian 100% dari biaya pembelian tiket. “Pengembalian bea pembatalan secara penuh atau 100%,” tuturnya.

Hal itu berlaku untuk penumpang yang membatalkan tiket perjalanan selama masa tanggap darurat Corona, 23 Maret -29 Mei 2020. Penumpang bisa melakukan pembatalan secara langsung ke stasiun atau melalui aplikasi KAI Acces. “Kami merekomendasikan pembatalan menggunakan KAI acces, karena lebih mudah dan tidak perlu datang ke stasiun,” tuturnya.

Layanan jasa transportasi juga tetap berjalan bagi PO Bus Primajasa. Hal itu tertera pada akun Instagram @primajasagroup yang menyebutkan akan terus beroperasi selama tidak ada aturan dari Kementerian Perhubungan untuk AKDP dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat untuk AKAP. “Selama belum ada perintah penghentian pelayanan kepada konsumen KAMI TETAP BEROPERASI,” tulis admin tersebut.

Baca juga : Selama Karantina Wilayah, Pasar-pasar di Kota Tasik Tetap Buka

Jika tidak memungkinkan pengantaran penumpang dari luar Kota Tasikmalaya ke Terminal Indihiang atau Pul Mandalawangi, pelayanan transportasi akan dilakukan sampai Terminal Rajapolah.

Melalui instagram yang sama, pihak Primajasa juga tetap menerapkan standar kesehatan maksimum. Dimana penumpang yang naik dan turun diharuskan cuci tangan menggunakan hand sanitizer, diukur suhu tubuh dan sterilisasi menggunakan boks khusus sebagai upaya menghindarkan penyebaran Covid-19. “Tidak lupa berdoa kepada Allah SWT minta diberikan keselamatan dan kesehatan diperjalanan,” tulis Admin. (rga)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.