Beranda Banjar Semua PJU Akan Diganti Lampu LED

Semua PJU Akan Diganti Lampu LED

34
0
BERBAGI
SEGERA DIGANTI. Pengendara melintas di bawah lampu penerangan jalan umum konvensional di jembatan Jalan Letjen Soewarto Minggu (25/3).

BANJAR – Plt Kepala UPTD Ketenaga listrikan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Kota Banjar Asep Bunyamin berencana memangkas beban pembayaran lampu penerangan jalan umum (PJU) yang diambil dari pajak. Caranya, dengan memprogramkan PJU hemat energi.

“Mengganti semua lampu konvensional PJU dengan lampu LED (light emitting diode). Lampu LED selain hemat energi juga daya tahannya lama,” kata Asep Bunyamin Minggu (25/3).

Sebagian PJU di Kota Banjar, kata dia, sudah diganti dengan LED. Diperkirakan hingga tahun 2019 lampu PJU di semua wilayah Kota Banjar sudah menggunakan LED. “Bertahap karena menyesuaikan juga dari anggarannya,” kata Asep.

Sementara itu, terang Asep, saat ini 150 titik jalur PJU belum menggunakan KWH meter atau masih flat. Sejauh ini baru 143 jalur yang sudah dipasang KWH. Ke depan, jalur PJU akan dibuatkan KWH meter.

“Perbedaannya, jika menggunakan KWH sendiri ketika lampu PJU padam itu tidak akan dibebankan biaya. Sementara jika PJU yang langsung dialiri dari jalur PLN tanpa KWH maka meskipun lampunya padam tetap dihitung beban pembayaran,” katanya.

Jika dua sistem yakni penggunaan LED dan pemasangan KWH listrik, terang dia, maka akan memangkas sekitar 50 persen beban biaya PJU yang saat ini dibayar dari pajak. Jika dibandingkan, tambah dia, 130 watt tenaga listrik bisa meng-cover 9 titik lampu PJU LED. Sedangkan 130 watt hanya bisa meng-cover satu lampu yang konvensional. (mg4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here