Semua Sekolah Libur 2 Minggu, Tempat Wisata di Ciamis Ditutup

132
0
RAPAT KOORDINASI. Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya memimpin Rapat Koordinasi Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona atau Covid 19 Minggu (15/3) siang. Rapat bersama Fokopimda itu dilaksanakan di Oproom Setda Ciamis.
RAPAT KOORDINASI. Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya memimpin Rapat Koordinasi Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona atau Covid 19 Minggu (15/3) siang. Rapat bersama Fokopimda itu dilaksanakan di Oproom Setda Ciamis.

CIAMIS – Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya memimpin rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Oproom Setda Ciamis, Minggu (15/3) siang.

Rapat yang dihadiri Wakil Bupati Yana D Putra, Ketua DPRD H Nanang Permana dan pejabat lainnya membahas tentang antisisivasi Coronavirus Disease 19 atau Covid 19.

Kemudian, mereka mendindaklanjuti instruksi Gubernur Jabar bahwa peserta didik dari TK/RA, PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA belajar di rumah mulai 16-29 Maret 2020.

Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) tetap menyosialisasikan mengajak dan mengimbau masyarakat untuk selalu pola hidup sehat dan bersih.

“Kemudian di setiap SKPD diimbau untuk bikin tempat cuci tangan,” jelas Herdiat kepada wartawan usai Rapat Koordinasi Antisipasi Virus Corona, Minggu (15/3) siang.

Baca Juga : TWC Bagikan Jamu Herbal untuk Cegah Corona di Ciamis

Masyarakat juga harus meng­hindari kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, mendata warga yang bepergian keluar daerah dan diimbau agar masyarakat tidak bepergian kalau tidak ada kepentingan sangat mendesak.

Kepala desa, RT, RW untuk menginventarisasi masyarakat atau tamu-tamu yang datang, termasuk penduduk setempat yang kebetulan bekerja di luar kota di luar daerah ataupun ke luar negeri.

“Bahkan kami juga sekarang tutup tempat wisata sementara,“ jelasnya.

Herdiat menyampaikan pihaknya juga akan memeriksa kesehatan aparatur sipil negara (ASN) atau PNS, membatasi kegiatan-kegiatan seperti rapat atau pertemuan dan keluar daerah.

“Kami tegaskan untuk Ciamis yang positif tidak ada. Hanya satu Orang Dalam Pengawasan (ODP),” jelas Bupati.

Direktur RSUD Ciamis dr H Rizali Sofiyan MM menjelaskan ada satu warga Ciamis yang berstatus ODP. Awalnya, yang bersangkutan, kata Rizali, diduga Covid-19 di RSUD Ciamis.

Kronologinya, pasien datang ke RSUD Ciamis Jumat 13 Maret 2020. Dia saat itu rawat jalan pukul 07.25. Dia di-screening oleh perawat rawat jalan dengan membawa manifes dari pihak bandara kedatangan dari Malasyia tangal 04 Maret 2020.

Kemudian yang bersangkutan diarahkan ke ruangan khusus berisiko. Dia diantar perawat screening rawat jalan. Sekitar pukul 07.50, petugas ruangan khusus Berisiko langsung menerima pasien dan menempatkan di tempat tidur ruangan khusus berisiko serta mengisi format pengkajian (assessment) pasien masuk ruangan khusus beresiko seperti assessment IGD.

“Kita ketahui dengan keluhan dua hari yang lalu ada napas terasa berat serta ada riwayat perjalanan dari Malaysia sembilan hari yang lalu,” paparnya.

Baca Juga : Rumah Warga Miskin di Tambaksari Ciamis Nyaris Ambruk

Setelah itu, kata Rizali, pasien tersebut diperiksa oleh dokter jaga dari IGD. Pasien tersebut menjalani pemeriksaan penunjang medik yaitu rontgen dan laboratorium pada pukul 09.30.

Hasil pemeriksaan rontgen dan laboratorium dikonsultasikan kepada dokter spesialis paru dan pada pukul 12.30, dokter spesialis paru visit dengan hasil pemeriksaan secara umum dalam keadaan baik. Sesak napas tidak ada, suhu pasien normal 36,6 derajat celcius dengan hasil penunjang medis tidak ada yang mengarah pada tanda dan gejala Covid-19 yaitu negatif virus Corona.

“Oleh dokter spesialis paru kemudian dinyatakan pasien ODP, boleh pulang dengan pemantauan dari petugas kesehatan (puskesmas) di tempat tinggalnya, sementara harus beraktivitas di dalam rumah, tidak boleh bepergian apalagi ke tempat keramaian, biasakan cuci tangan,” ujarnya.

“Batas pemantauan 28 hari dari kedatangan yaitu sampai tangal 01 April 2020,” paparnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.