Sengketa Pilkada Tasik Terus Bergulir, Iwan Berharap Begini..

403
2
Jajang Jamaludin SAg Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan
Loading...

SINGAPARNA – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan melanjutkan sengketa Pilkada Kabupaten Tasikmalaya ke tahapan selanjutnya. Hal itu diputuskan dalam sidang lanjutan yang digelar MK pada Senin (15/2/2021).

Persidangan dilanjutkan dengan agenda sidang pembuktian untuk memutuskan sengketa Pilkada Tasik.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin SAg menjelaskan, Kabupaten Tasikmalaya termasuk dari delapan kota/kabupaten di Jawa Barat yang perkara sengketa hasil pilkada-nya belum keluar jadwal persidangan lanjutannya.

“Iya sepertinya akan masuk ke sidang pembuktian, karena daerah lain seperti Kabupaten Pangandaran sudah ada hasil keputusan MK-nya yaitu tidak diterimanya laporan dari pemohon. Jadi kota/kabupaten yang lain sudah ada keputusannya. Tapi untuk Kabupaten Tasikmalaya belum ada, termasuk jadwal sidang selanjutnya,” ujarnya kepada Radar, Selasa (16/2/2021).

Baca juga : Sengketa Pilkada Tasik, Perbedaan Pendapat KPU & Bawaslu Jadi Catatan MK

loading...

Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum, Humas dan Data Informasi (Datin) Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Abduh menambahkan, status Bawaslu sendiri dalam sidang sengketa hasil Pilkada Tasik di MK ini sebagai pemberi keterangan yang tidak ada keberpihakan kepada pemohon atau termohon.

“Adapun nanti di sidang selanjutnya, misalnya jika dilanjutkan ke sidang pembuktian, nanti pihak pemohon, termohon atau pihak terkait, jika membutuhkan bukti dari Bawaslu maka meminta izin dulu ke Hakim MK,” ujarnya, menerangkan.

Ketika dalam persidangan nanti, kata dia, hakim mengizinkan, Bawaslu tinggal memberikan bukti-bukti. Karena keterangan secara tertulis berikut dengan alat bukti sudah disampaikan ke MK dalam agenda sidang penyampaian KPU dan Bawaslu beberapa waktu lalu.

“Bukti-bukti seperti hasil penanganan pelanggaran yang ditangani Bawaslu dan Gakkumdu, kemudian data A1 sampai A-17, contohnya dalam penanganan kasus dugaan pelanggaran administrasi calon bupati petahana yang diteruskan ke KPU,” jelas dia.

Dia menambahkan, secara informasi memang Bawaslu pun belum menerima agenda atau jadwal sidang selanjutnya dari MK. Sementara untuk laporan sengketa hasil Pilkada Kabupaten Pangandaran sudah ada hasilnya.

“Senin (15/2/2021) sudah ada hasilnya keluar keputusannya dari MK, gugatan dari pemohon yang melaporkan tidak diterima. Kalau untuk Kabupaten Tasikmalaya dan Bandung belum ada keputusan, masih menunggu, belum ada jadwal sidang lanjutannya,” ujarnya.

Terpisah, Calon Bupati Tasikmalaya Dr H Iwan Saputra SE MSi menyambut baik berlanjutnya sidang sengketa Pilkada 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK). Jadwal yang didapat untuk sidang lanjutan pada 4 Maret 2021.

“Alhamdulillah MK lanjut. Sekarang tingga menunggu sidang pembuktian dan saksi-saksi. Mohon doanya dan mudah-mudahan hasilnya sesuai harapan masyarakat,” harapnya. (dik/yfi)

2 KOMENTAR

  1. Sesuai harapan masyarakat yg mana ya???jgn bawa2 masyarakt lah. Masyarakat tidak tau apa2…, masyarakat pro pendukung xxx. Yg pasti siapapun yg terpilih kita doakan semoga bisa membawa kabupaten tasikmalaya lebih baik, maju dqn makmur
    Amin.

  2. Harapan masyarakat yang memilih Iwan saputra-,iip, jelas banyak kan hasilnya jelas banyak yang memilih. Dan masyarakat yang mengharapkan pemimpin yang adil jujur dan menyayangi rakyatnya. Jelas seperti itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.