Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.7%

8.2%

2.3%

24.4%

2.4%

46.4%

0.1%

15.4%

0%

Sengketa Pilkades di Garut Mulai Dibahas

20
0
H Rudy Gunawan

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mulai membahas laporan sengketa pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak. Sudah ada empat desa yang melapor terkait sengketa Pilkades.

“Sekarang tim khusus sudah mulai membahasnya. Dari dua laporan yang diketahuinya, yakni dugaan keberpihakan panitia lokal dan money politic,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan usai apel pagi di Lapang Setda Garut Senin (18/11).

Meski ada aduan penyelesaian sengketa Pilkades Serentak, pihaknya akan tetap melantik kepala desa terpilih, terutama kepala desa yang penjabat sementara (pjs)-nya sudah habis masa tugas. Namun sesuai aturan, bagi desa yang memiliki perselisihan diberikan waktu hingga satu bulan. “Nanti lihat dari tim kabupaten, apakah ranahnya diselesaikan melalui PTUN atau bagaimana,” kata dia.

Rencananya pelantikan terhadap kepala desa terpilih dilaksanakan bulan depan. “Ada sekitar 87 apa 85 yang kita lantik 2 Desember,” ujar dia.

Sedangkan bagi desa yang belum melaksanakan pelantikan akan dilaksanakan awal tahun mendatang. “Ada sekitar 20-an nanti di Februari,” kata dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut Aji Sukarmadji mengatakan akan segera memproses seluruh gugatan tersebut.

“Tim dari kabupaten tinggal melakukan pembahasan, nanti seluruh pihak kita kembali kumpulkan,” kata dia.

Namun dia tidak merinci sebab persoalan perselisihan Pilkades tengah dibahas di tingkat kabupaten. “Nanti pada saatnya diumumkan hasilnya,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.