Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.9%

2.5%

26.4%

2.6%

50.1%

0.1%

8.7%

0%

Seniman Lukis Garut Minta Perhatian

304
0
Ikatan Komunitas Seniman Garut membuka pasar seni rupa di obyek wisata Situ Bagendit guna mengekspresikan bakat seni yang mereka miliki.

BANYURESMI – Ikatan Komunitas Seniman Garut membuka pasar seni rupa di obyek wisata Situ Bagendit guna mengekspresikan bakat seni yang mereka miliki.
“Kita jadikan tempat ini sebagai lokasi berkumpulnya para seniman seni lukis untuk mengekspresikan karyanya. Karena selama ini komunitas seni lukis tidak memiliki lokasi yang menentu,” ujar pemrakarsa dan penanggung jawab kegiatan Sam Bossas kepada Rakyat Garut, kemarin (22/10).
Sam mengatakan sengaja menggelar kolaborasi pameran seni lukis dengan membuka pasar seni lukis di lokasi obyek wisata Situ Bagendit Desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut tersebut karena berawal dari keprihatinan para seniman yang tidak memiliki sarana mengekpresikan bakat. “Disinilah pasarnya karya seni orang Garut dan di sini tempat berkumpulnya untuk diskusi bagi para seniman tentang sentuhan nurani,” ungkapnya.
Sam menjelaskan selama ini pihaknya menilai apresiasi masyarakat terhadap seni masih terbilang rendah. Sehingga lewat kegiatan ini, diharapkan ada respon positif maupun perhatian dari Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata maupun dari pihak lainnya. “Saat ini pemerintah dinilai kurang memperhatikan eksistensi seniman, khususnya seni lukis di Garut,” tuturnya.
Tidak jarang para seniman harus merogoh kocek sendiri untuk melakukan promosi dan menggelar pameran. Padahal, para seniman ini membawa nama dan memerkenalkan kebudayaan Garut. “Pameran ini sebenarnya bisa meningkatkan apresiasi warga termasuk pejabat di Pemkab Garut terhadap seni lukis,” ungkapnya.
Sam menambahkan selain mencari tempat menyatukan komunitas seni lukis, juga bisa membantu daya tarik pengunjung. Dengan adanya pasar seni tersebut, paling tidak bisa ikut mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung. “Seniman seni lukis tidak hanya bisa diam berkarya di daerah sendiri. Sementara jarang mendapat dukungan pemerintah. Oleh karena itu kami ingin ada dukungan dari semua pihak,” pungkasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.