Senin, Nakes di Ciamis Mulai Divaksin Covid-19

38
0
DISTRIBUSI VAKSIN. Sebanyak 6.600 vial vaksin Covid-19 Sinovac sudah didistribusikan dari Pemprov Jabar ke Pemkab Ciamis, Rabu (27/1). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIAMIS – Sebanyak 6.600 vial vaksin Covid-19 Sinovac sampai di Kabupaten Ciamis dan langsung disimpan di Gudang Dinas Kesehatan, Rabu (27/1) pukul 12.10. Vaksin tersebut dikemas dalam empat dus berwarna putih.

Penerimaan vaksin dilakukan secara simbolis oleh Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya bersama Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dan didampingi unsur Forkopimda dengan membuka pintu mobil boks.

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarnya mengaku bersyukur vaksin yang selama ini dinantikan untuk penanggulangan Covid-19 sudah sampai. “Alhamdulillah sebanyak 6.600 vial vaksin sudah diterima. Vaksinasi akan segera dilaksanakan dan yang pertama untuk tenaga medis (nakes), TNI-Polri, tokoh agama dan masyarakat,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Baca juga : Rp100 Juta dalam Mobil Lenyap Dimaling di Ciamis

“Rencananya vaksinasi akan mulai dilaskanakan pada Senin (1/2) dan secara simbolis dimulai Puskesmas Ciamis. Untuk masyarakat akan dilaksanakan secara bertahap, karena vaksin yang datang sekarang diutamakan untuk tenaga kesehatan,” ujarnya.

loading...

Kata dia, berbagai kesiapan sudah dilaksanakan untuk merealisasikan vaksinasi ini. Termasuk menyiapkan fasilitas kesehatan (faskes) untuk tempat vaksinasi. Kemudian menyiapkan gedung yang sesuai standar dalam penyimpanan vaksin tersebut.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya vaksin ini pandemi Covid-19 segera berlalu, ekonomi normal seperti biasanya,” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dr Yoyo mengatakan, sebanyak 6.600 vial vaksini ini hanya untuk 3.300 orang. Padahal sebelumnya Ciamis direncanakan mendapatkan 7.600 vial atau untuk 3.800 orang. Tetapi, setelah dilakukan verifikasi ternyata ada yang positif dan komorbid sehingga tidak bisa divaksinasi.

“Tentunya dengan vaksin ini, rencananya akan segera didistribusikan ke-37 puskesmas di 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis yang akan melakukan vaksinasi. Tapi kita akan konfirmasi dulu kesiapannya,” ujarnya.

“Kami besyukur vaksin Sinovac ini keperluan suhunya sama dengan vaksin lain, sehingga tidak perlu sarana tambahan lagi, sehingga aman di gudang penyimpanan,” katanya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.