Sensus Penduduk di Kota Tasik Molor Akibat Pandemi Covid-19

233
0

KOTA TASIK – Pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020 di Kota Tasikmalaya oleh Badan Pusat Statistik (BPS) molor dari jadwal semula.

Hal itu dikarenakan pemangkasan anggaran hingga 70 persen, seiring dengan terjadinya pandemi Covid-19 sejak Maret lalu.

Kepala BPS Kota Tasikmalaya, Jam Jam Zamachsyari mengatakan,
selain karena anggaran tidak memungkinkan, kondisi pandemi Covid juga tidak memungkinkan pelaksanaan sensus penduduk untuk dilanjutkan sesuai jadwal.

Khususnya, terang dia, untuk pencacahan atau sensus tatap muka. Dengan adanya Pandemi Covid maka telah terjadi perubahan proses dalam pelaksanaan sensus di tahun ini .

“Tapi saya ucapkan terima kasih terhadap partisipasi masyarakat karena sudah ikut peran serta dalam sensus 2020 secara online yang berakhir pada 29 mei lalu,” terangnya kepada wartawan, Jumat (24/07) pagi.

Beber dia, pelaksanaan sensus elektronik atau sensus online di Kota Tasik targetnya 30 persen dari sensus penduduk secara keseluruhan.

Sedangkan sisanya dilakukan pencacahan ke rumah-rumah atau pencacahan tatap muka yang sedianya akan dilaksanakan 1 hingga 31 Juli.

“Karena sensus disaat pandemi masih terjadi, pelaksanaan akan menggunakan sistem daring guna mempermudah petugas tetap berkomunikasi seperti dengan ketua RT serta RW untuk melakukan verifikasi data,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.