September Mulai Ujicoba Cibatu-Stasiun Wanaraja

416
0
TINJAU. Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro bersama Daop 2 Bandung mengecek penertiban bangunan di sekitar Stasiun Garut di Kecamatan Garut Kota Kamis (20/6). Reaktivasi kereta api ditargetkan selesai akhir tahun ini. Yana Taryana / Rakyat Garut
Loading...

GARUT KOTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengebut pembangunan infrastruktur untuk reaktivasi jalur Kereta Api Cibatu-Garut. Ditargetkan rekativasi selesai akhir tahun ini.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan proses pembangunan infrastruktur kereta api mengalami sedikit keterlambatan karena proses pembangunannya terjeda pelaksanaan Pilpres dan Lebaran. “Tapi itu tidak menjadi hambatan, target kami reaktivasi ini insyaallah bisa selesai akhir tahun ini. Doakan saja ya,” ujarnya saat memantau proses penertiban bangunan di sekitar Stasiun Garut di Kecamatan Garut Kota Kamis (20/6).

Dari hasil pemantauannya, secara umum progres pengerjaan reaktivasi Kereta Api Cibatu-Garut sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pemerintah. “Kita terus kebut pengerjaannya. Insyaallah bulan September nanti sudah ada ujicoba dari Cibatu sampai Stasiun Wanaraja,” katanya.

Saat ini, pihaknya tengah mempersiapan pembangunan rel kereta. Seluruh material infrastruktur jalur kereta, mulai badan rel jalur kereta, bantalan rel hingga jembatan sudah disebar di sepanjang jalur Cibatu-Garut Kota.

Selain rel, yang menjadi fokus pengerjaan yakni pembangunan jembatan. Dia menganggap itu paling krusial. “Kita tadi (kemarin, Red) cek jembatan yang besar-besar ada tiga, kemudian yang kecil-kecil,” ujarnya.

Terkait pemasang rel, direncanakan dipasang satu bulan lagi. September atau Oktober rel sudah selesai dipasang. Untuk stasiun pun sedang proses perbaikan. Ada tiga stasiun yang akan berfungsi yakni Pasir Jengkol, Wanaraja dan Garut. “Pasir Jengkol sudah dimulai (renovasi stasiun), sudah mulai dikerjakan. Untuk halte akan dioperasikan lagi, tapi nanti tahap kedua. Sekarang baru stasiun dulu. Nanti yang kecil-kecil nyusul,” ujarnya.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 2 Bandung Saridal menerangkan secara umum pengerjaan reaktivasi Kereta Api Cibatu-Garut Kota berlangsung lancar. Dalam pelaksanaan reaktivasi khususnya perbaikan stasiun, PT KAI lebih memilih perbaikan daripada bangun total. “Bangunanya tidak dirobohkan, silakan cek saja,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.