Bawaslu Akan Patroli Lakukan Pengawasan

Serangan Fajar di Masa Tenang

75
0
RAKOR. Bawaslu Pangandaran akan melakukan patroli menjelang pemungutan suara untuk mencegah terjadinya serangan fajar Rabu (27/3).
Loading...

PANGANDARAN – Bawaslu Kabupaten Pangandaran terus memantapkan kesiapan menjelang penghitungan dan pemungutan suara Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan untuk mencegah kecurangan pemungutan dan perhitungan suara, pihaknya sudah menyamakan persepsi dengan semua anggota mengenai potensi kecurangan yang besar kemungkinan terjadi.

”Acuanya berdasarkan pengalaman pemilu tahun sebelumnya, yang disinkronkan dengan kondisi saat ini,” ungkap Iwan kepada Radar ditemui di salah satu hotel Rabu (27/3).

Menurut dia, titik fokus yang biasanya jadi masalah saat pemungutan suara yakni di daftar hadir pemilih, pengembalian surat suara dan proses perhitungan suara. ”Biasanya dalam tahapan tersebut, rawan sekali terjadi kecurangan,” ungkapnya.

Di luar itu, kata Iwan, Bawaslu akan mengantisipasi terjadinya serangan fajar, tepat saat diberlakukanya masa tenang dan hari H pencoblosan.

Loading...

”Kerawanan money politics menjelang pencoblosan pasti ada, maka kita akan patroli pengawasan ,” jelasnya.

Iwan menjelaskan secara teknis patroli pengawasan tersebut dengan cara berkeliling menggunakan mobil. Nantinya anggota patroli disebar ke tiga zona. ”Jajaran kami dibawah sudah pasti disiapkan untuk kegiatan patroli tersebut,” paparnya.

Iwan mengatakan pengawasan paritisipatif dari masyarakat, dalam mencegahserangan fajar sangat diperlukan.

”Mengingat keterbatasan anggota kami di tiap kecamatan, jika ada temuan atau indikasi serangan fajar. Langsung laporkan saja, tentunya dengan bukti jelas,” ajaknya.

Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Jawa Barat Yusuf Kurnia sudah menginstruksikan patroli pengawasan, terutama saat masa tenang.

”Supaya mengantisipasi adanya praktek kampanye di luar jadwal dan tindakan money politics dengan berbagai bentuk,” tuturnya.

Lanjut dia, pelanggaran kampanye di luar jadwal sudah jelas merupakan tindak pidana. ”Termasuk juga tindakan money politics itu,” katanya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.