Serempak, 12 Lokasi Dibersihkan

3

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PANGANDARAN –Aksi sosial gerakan bersih pantai dan laut serta aksi serentak menghadap laut dilaksanakan berbagai elemen, kelompok, termasuk Pemkab Pangandaran.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan Gerakan Bersih Pantai dan Laut sesuai dengan seruan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti dalam rangka merayakan HUT RI ke-73.

”Kita laksanakan di 12 titik dari Pantai Barat hingga Pantai Timur,“ ungkapnya kepada wartawan Minggu (19/8).

Menurutnya, bersih-bersih pantai tersebut juga sebagai ajang untuk mengajak seluruh warga Pangandaran dan wisatawan agar tidak membuang sampah sembarang di tempat-tempat wisata. ”Kalau kita tidak menjaga kebersihan, lalu siapa lagi,” terangnya.

Saat ini, kata Bupati, Pangandaran memiliki garis pantai hingga 93 kilometer. Itu wajib untuk dijaga kebersihannya. ”Anak-anak di Pangandaran tidak pernah kekurangan gizi karena sumber protein hewaninya terpenuhi, maka kewajiban kita untuk membersihkan laut,” tuturnya.

Menurut Bupati, jika pantai dan laut bersih, maka akan berpengaruh kepada peningkatan kunjungan wisata.

”Jadi laut yang bersih dan asri menjadi komitmen orang Pangandaran. Semuanya. Dari mulai nelayan, pemilik buggi, tukang perahu dan pedagang. Semua harus menjaga pantai supaya bersih,” katanya.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Rida Nirwana mengatakan bersih-bersih pantai dan laut juga diharapkan bisa membuat biota laut dan lingkungan sekitar pesisir pantai terbebas dari gangguan sampah.

”Karena wilayah pesisir pantai tidak lepas dari ancaman dari aktivitas manusia. Kegiatan industri dan pencemaran yang masuk ke dalam laut,” terangnya.

Seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan di Pangandaran, kata dia, harus bersama-sama untuk berkomitmen menjaga kebersihan dan mengendalikan produksi sampah tiap harinya. ”Terutama di sekitar pesisir pantai,” imbaunya. (den)

loading...