Seribu Hewan Divaksin Rabies

1

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARIGI – Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran mendata   kurang lebih 1.000 hewan berdarah panas seperti anjing dan kucing sudah disuntik vaksin rabies.

Hal itu untuk mencegah  munculnya virus mematikan tersebut di Pangandaran.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran drh Idham, penyuntikan vaksin rabies sudah dilakukan sejak tahun 2016.

“Kami mendapat suplai vaksin dari provinsi dan kabupaten, tahun 2016 kita mendapatkan 1.500 vaksin, tahun 2017  kami mendapat 1.250 vaksin dan tahun ini kita mendapat suplai sebanyak 1.000 vaksin,” terangnya kepada Radar Jumat (5/10).

Menurutnya, anggaran pengadaan vaksinasi selama satu tahun mencapai Rp 50-80 juta.

“Kalau idealnya untuk memaksimalkan program tersebut harus menyediakan anggaran sampai Rp 200 juta,” ungkapnya.

Untuk tahun 2019 pihaknya sudah mengajukan program vaksinasi rabies ke pihak provinsi, sementara pihak pemkab tidak menganggar lagi.

“Tapi kita juga belum mendapatkan jawaban dari pihak provinsi,” tuturnya.

Sampai saat ini, kata dia, belum ditemukan kasus rabies  yang menyerang hewan di Kabupaten Pangandaran.

“Kami terus melakukan pencegahan, jangan sampai kasus rabies terjadi,” tuturnya.

Menurutnya, ciri ciri hewan yang terjangkit rabies adalah prilaku yang menjadi agresif dan selalu melakukan serangan terhadap manusia, kemudian  dar .mulutnya keluar busa.

“Ada juga yang menjadi pendiam, namun kadang-kadang jadi agresif,” paparnya.

Salah seorang warga, Enjen Kurnia (45)  mengatakan anjing peliharaannya sudah divaksinasi beberapa bulan lalu, karena ada kekhawatiran hewannya terserang rabies “Beberapa waktu lalu sempat terlihat lemas, tapi setelah divaksin jadi sehat kembali,” katanya.(den)

loading...