Seribu Personel untuk Amankan Debat Publik

173
0
RAPAT KOORDINASI. Perwakilan instansi terkait mengikuti rapat koordinasi debat publik pasangan calon kepala daerah di Sekretariat KPU Ciamis Sabtu (21/4).

CIAMIS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis akan menggelar debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati Ciamis, tanggal 8 Mei mendatang. Rencananya, debat akan diselenggarakan di Gedung Islamic Center di Jalan Iwa Kusumasomantri.

Komisioner Divisi Teknis KPU Ciamis H Ade Rusmana SH mengatakan KPU telah menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait pada Sabtu (21/4). Rencananya, acara itu akan mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan.

Tak kurang dari 1000 personel akan disiagakan. Termasuk bantuan dari TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Jumlah itu akan dibagi untuk pengamanan di dalam dan luar ruangan. Demi keamanan, KPU akan membatasi jumlah tamu undangan. Mereka juga akan diberi tanda pengenal khusus.

“Hal itu kami lakukan guna menjaga keamanan dan kenyamanan saat adanya debat publik,” katanya saat dihubungi lewat telepon Minggu (22/4).

Dia mengungkapkan tamu undangan yang akan hadir diantaranya dari Forkopimda Ciamis, PPK dan PPS tiap kecamatan, dua perwakilan masing-masing partai politik, 70 aparatur sipil negara (ASN) dan 20 awak media.

Dalam debat itu, masing-masing pasangan calon hanya diperbolehkan membawa 200 pendukung. Dengan catatan, tidak ada massa di luar gedung. Kalau pun ada, akan disiagakan monitor di luar. Bagi masyarakat yang tidak bisa datang, bisa menyaksikan debat itu di chanel Radar Tasikmalaya Televisi dan beberapa radio.

“Kami juga imbau tidak ada alat peraga kampanye (APK) yang dibawa. Semua harus tertib dan aman. Tidak sampai ada gesekan apa-apa,” imbaunya.

Dia juga mengingatkan para simpatisan untuk saling menjaga keamanan. Saat debat juga diharapkan tidak ada kegaguhan. “Intinya, jaga kondusivitas selama debat publik berlangsung,” tandasnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.