Serikat Pekerja Minta PT APL Kota Banjar Patuhi Aturan

375
0

BANJAR – Usai pelaporan Serikat Pekerja Sinar Baru Banjar (SPSBB) Kota Banjar kepada UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah V Tasikmalaya terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan PT Albasi Priangan Lestari p0(APL), sudah mengeluarkan nota pemeriksaan pada 29 Agustus 2019.

Dalam mota pemeriksaan khusus dijelaskan, berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh pada saat pemeriksaan, telah terjadi pelanggaran oleh perusahaan kepada pekerja terhadap UU Nomor 13 tahun 2003 Pasal 65 ayat (2), di mana sesuai dengan ayat (8) maka demi hukum status hubungan kerja pekerja atau buruh beralih dari PT Sinar Baru Banjar menjadi pekerja perusahaan pemberi kerja yakni PT Albasi Priangan Lestari.

Ketua Serikat Pekerja Sinar Baru Banjar (SPSBB) Kota Banjar Irwan Herwanto mengatakan, dalam nota pemeriksaan yang diinformasikan oleh pihak pengawasan kepada serikat pekerja dijelaskan bahwa perjanjian kerja bersama (PKB) agar segera dibuat dan atau diperbaharui dengan melakukan perundingan antara perusahaan dan serikat pekerja.

Kemudian, kata dia, untuk pekerja perempuan yang sedang hamil tidak boleh dipekerjakan malam serta perusahaan harus memberikan makanan dan minuman minimal memenuhi 2.000 kalori, melakukan pengantaran pulang pergi.

Baca : Kecewa Jalan Rusak tak Kunjung Diperbaiki, Warga Sirnagalih Kota Banjar Tanam Pohon di Tengah Jalan

“Dan memberikan hak cuti hamil atau melahirkan agar dilaksanakan sesuai ketentuan hak upah 100 persen. Namun itu belum juga dilaksanakan,” katanya kepada Radar, Minggu (19/1).

Lanjut dia, PT APL sudah berbulan-bulan tak mau mengikuti saran hasil pemeriksaan, diantaranya soal pengupahan bahwa pada hari libur resmi atau hari libur nasional upah karyawan harus dibayar.

Kemudian, hak jaminan sosial harus disetarakan terhadap seluruh pekerja. Syarat-syarat keselamatan kerja harus diterapkan sesuai aturan.

Terakhir pe­ru­sahaan harus mem­berla­kukan standar alat pelin­dung diri (APD) sesuai standar K3.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.