Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.8%

7.3%

69.8%

Sering Banjir, 300 Ribu Ikan Patin Ditebar di Sungai Cikidang Sukaresik Tasik

163
0

SUKARESIK – Pemerintah Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasik mendapatkan bantuan 300 ribu bibit ikan patin yang ditebar di Sungai Cikidang dan Citanduy, tepatnya di Kampung Pasantren Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik, Rabu (8/7).

Upaya penebaran benih ikan tersebut sebagai salah satu upaya menumbuhkan kembali ekosistem sungai Cikidang-Citanduy yang image-nya selalu terjadi banjir.

Camat Sukaresik Opan Sopian SPd MPd MSi mengatakan, hasil pengajuan dari Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik untuk bantuan ratusan ribu bibit ikan Patin, akhirnya dikabulkan.

“Kami mendapatkan bantuan 300 ribu ekor bibit ikan Patin bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Jawa Barat. Semuanya ditebar di Sungai Cihanjuang-Cikidang,” ujar Opan, kepada Radar.

Menurut dia, penanaman benih ikan patin ini selain untuk menghidupkan kembali ekosistem sungai khususnya di Cikidang-Citanduy, juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar sungai.

“Termasuk nanti setelah besar-besar ikan patin ini yang dilepas di sungai, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat. Bisa dikonsumsi dan mudah-mudahan, masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan sungai,” ujar dia.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi SP sangat memuji langkah dan inisiatif pemerintah Desa Sukaratu di Kecamatan Sukaresik, hingga mendapatkan bantuan bibit ikan Patin dari Pemprov Jabar.

“Kami sebagai wakil rakyat sangat mendukung. Mudah-mudahan dengan ditebarnya benih ikan patin ini ekosistem sungai lebih hidup. Dan ini satu semangat untuk kedepannya normalisasi sungai Cikidang-Citanduy,” terang dia.

Asep pun berharap ketika ikan Patin ini sudah besar dan berkembang biak secara baik, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat disekitar sungai Cihanjuang dan Citanduy.

“Ekosistem sungai nanti lebih terjaga. Hal ini sejalan dengan dorongan kita dalam upaya normalisasi sungai Cikidang-Citanduy,” tambah dia.

(diki setiawan)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.