Sering Dijadikan Tempat Kemping dan Renungan Malam

856
0
BERLIBUR. Pengunjung liburan dan makan-makan di Hutan Pinus Darmacaang Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Jumat (29/12).

Hutan Pinus di Dusun Sorok Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng memiliki panorama yang indah. Saat ini, tempat tersebut sering dikunjungi warga yang ingin menghirup udara segar. Aktivitas di lahan milik Perhutani itu memberi keuntungan tersendiri bagi warga sekitar.

IMAN S RAHMAN, Ciamis

Hutan Pinus Darmacaang sudah cukup dikenal masyarakat. Tak hanya Ciamis, warga dari daerah sekitar seperti Tasikmalaya pun sudah mengenal tempat itu. Setiap akhir pekan, biasanya pengunjung lokal memenuhi penjuru hutan di Dusun Sorok tersebut. Ada yang sekadar selfie, atau gelar tikar dan makan-makan bersama keluarga.
Lokasi itu juga kerap dijadikan tempat kemping oleh anak-anak muda. Tak jarang, acara-acara renungan malam dan foto pre-wedding juga digelar di sana. Sejuknya udara dan pemandangan indah menjadi salah satu daya tarik hutan yang berada di kaki Gunung Sawal itu. Hal tersebut diakui Camat Cikoneng Drs Wawan Ruhiyat.
Dia mengatakan pemerintah kecamatan kerap melakukan kegiatan penanaman pohon di sana. Tujuannya, untuk menjaga ekosistem. Hutan pinus bisa ditempuh dari jalan raya dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jaraknya sekitar tujuh kilometer. “Memang objek wisata ini tidak kalah menarik dengan wisata lainnya. Baik yang ada di luar Ciamis atau pun yang ada di Ciamis,” ungkapnya saat dihubungi via telepon Jumat (29/12).
Dia meng­ungkap­kan objek wisata hutan pinus dibuka beberapa tahun lalu. Awalnya dikelola karang taruna setempat, kemudian diambil alih Perhutani selaku pemilik lahan. Di sekitar hutan juga sempat berdiri penangkaran rusa. Namun, banyaknya pengunjung yang berbuat nakal membuat tempat wisata itu ditutup.
Saat ini, wisata hutan pinus kembali ramai. Warga lokal mulai kembali berdatangan. Wawan berharap pengelolaan hutan pinus kembali ditingkatkan karena menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD). “Saat ini, wisata yang menyangkut alam peminatnya banyak. Terutama kalangan muda,” ungkapnya kepada Radar, Jumat (29/12). (*)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.