Serius Garap Pasar Uang Digital

20

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Pasar mata uang digital mulai digarap pemerintah. Teknologi keuangan berbasis blockchain akan dikembangkan. Menteri Perindustrian (Menprin) Airlanga Hartarto mengatakan teknologi uang digital punya prospek cerah.

Buktinya beberapa negara mulai mengembangkan transaksinya menggunakan uang tersebut. Tiongkok salah satunya. ” Selain teknologi uang digital beberapa hal lain yang menjadi fokus pemerintah yakni infrastruktur internet, dan komputsi awan,” ujarnya Senin (15/10).

Keseriusan pemerintah mengembangkan uang digital terungkap saat menggelar pertemuan dengan pendiri Alibaba Group Jack Ma di Nusa Dua Bali beberapa hari lalu. Kata Airlangga, Jack Ma  menjadi pemateri untuk beberapa fokus yang menjadi isu teknologi digital. Salah satunya uang digital yang berbasis blockchain.

“Karena ketika orang semakin bertambah, pikiran orang mulai berubah dan keterampilan juga kian meningkat. Maka kita harus memaksimalkan periode digital ini dengan baik dan bijak,” tandasnya.

Blockchain sendiri adalah  sebuah teknologi yang dipergunakan untuk transaksi uang digital atau Cryptocurrency. Untuk transaksi uang digital, bitcoin contohnya. Jual beli uang digital sempat dilarang pemerintah melalui Bank Indonesia. Akan tetapi, Kementerian Keuangan sempat memberi kelonggaran dengan catatan risiko ditanggung oleh masyarakat yang menggunakan model transaksi tersebut. Alasannya, pemerintah belum punya payung hukum yang mengatur transaksi itu.

Namun seiring perkembangan pesat uang digital, pemerintah akhirnya mulai membuka diri. Airlangga berkata, model transaksi model mulai merebak dan tumbuh pesat di negara maju, seperti Tiongkok.

Pasar uang digital di tanah air yang menjanjikan juga mulai menggoda beberapa pengusaha untuk mulai mengepakkan sayap bisnisnya. Di antaranya, Founder BeCoin Nusantara United Charity Club (NUCC), Dato Sri Fauzi bin Haji Idris. Dia yakin niatan merambah pasar Indonesia akan berhasil. Sebab, alat tukar masa depan cryptocurrency besutannya ini memiliki banyak nilai plus. (rdi/fin)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.