Mahasiswa UBSI Dibekali Workshop Basis Data

Sertifikasi Kompetensi Jadi Nilai Tambah

111
0
WORKSHOP. Pemateri workshop Ai Ilah Warnilah MKom memaparkan materi mengenai sistem basis data kepada mahasiswa semester 6 di Aula UBSI Tasikmalaya Rabu (19/6).

TASIK – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Tasikmalaya menggelar workshop Sistem Basis Data di Aula UBSI Jalan Tanuwijaya Kota Tasikmalaya Rabu (19/6). Acara ini membekali mahasiswa agar siap menghadapi sertifikasi profesi yang akan ditempuh pada Minggu (23/6).

Ketua Program Studi Sistem Informasi UBSI Tasikmalaya Deddy Supriadi MKom  mengatakan, workshop yang diikuti mahasiswa semester 6 ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja dan industri.

“Dunia kerja yang kompetitif mengharuskan sumber daya manusia (SDM) memiliki keterampilan yang mumpuni. Makanya, ketika lulus, mahasiswa UBSI dibekali dengan ijazah dan sertifikat kompetensi yang menunjukkan bahwa ia kompeten,” ujarnya.

Untuk mendapatkan sertifikat kompetensi ini, kata ia, mahasiswa UBSI akan mengikuti sertifikasi profisiensi yang terselenggara hasil kerja sama UBSI dengan Preinexus.

“Nah, workshop ini sebagai latihan sebelum mengikuti ujian sertifikasi kompetensi sistem basis data. Agar mahasiswa menguasai materi dan memahami pola soal-soal ujian, sehingga diharapkan mereka bisa lulus pada ujian sertifikasi nanti,” katanya. Ia melanjutkan, sertifikasi sangat penting sebagai bukti kemampuan dan legalitas keahlian mahasiswa untuk diakui di dunia kerja.

Pemateri workshop Ai Ilah Warnilah MKom mengatakan, pada workshop ini mahasiswa diberikan materi mengenai sistem basis data mulai dari konsep awal sistem basis data, bahasa query, bahasa relational, model data, entity relation diagram, normalisasi sampai dengan penjelasan basis data yang terdistribusi. “Pengetahuan basis data ini sangat penting, terlebih lulusan UBSI dipersiapkan untuk menjadi programmer,” katanya.

Selain itu, workshop basis data ini untuk menyiapkan mahasiswa untuk menempuh sertifikasi. “Sertifikasi profisiensi adalah instrumen yang penting dalam jaminan mutu kompetensi tenaga kerja untuk memastikan dan memelihara sebuah kompetensi. Dikarenakan pentingnya sertifikasi tersebut, maka perlu mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi uji sertifikasi,” katanya.

Ia berharap, kegiatan workshop ini dapat memberikan motivasi mahasiswa sebagai persiapan uji sertifikasi dan se­muanya bisa lu­lus sertifikasi. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.