Sertifikat Lahan Terminal Indihiang Tak Jelas

47
TAK BERSERTIFIKAT. Hingga kini Terminal Tipe A Indihiang Kota Tasikmalaya belum mengantongi sertifikat lahan.

TASIK – Selain terkendala minimnya pengunjung, Terminal Tipe A Indihiang Kota Tasikmalaya juga masih bermasalah dalam administrasi. Diketahui sampai saat ini sertifikat lahan yang digunakan belum jelas keberadaannya.

Kepala Terminal Indihiang Jenny Maria Wirandani mengatakan pihaknya belum memegang sertifikat kepemilikan lahan terminal. Hal itu karena sejak penyerahan aset dari pemerintah kota ke pemerintah pusat (Kemenhub, Red) tidak disertakan sertifikatnya. “Dari awal kita enggak menerima sertifikatnya,” ujar Jenny saat dikonfirmasi Radar, Senin (3/11).

Jenny mengaku tidak mengetahui efek dari belum adanya sertifikat tersebut. Dia sempat khawatir terminal tidak bisa rehab karena belum adanya sertifikat tersebut. “Saya sempat khawatir seperti itu, tapi mudah-mudahan tidak,” ujarnya.

Tahun 2019 nanti, rencananya ada kucuran dana rehab untuk Terminal Indihiang sebesar Rp 2 miliar. Diharapkan belum adanya sertifikat tidak menjadi hambatan.
“Semoga saja bisa terealisasi di tahun 2019,” terangnya.

Di samping itu, Jenny meminta Pemerintah Kota Tasikmalaya bisa secepatnya menyerahkan sertifikat lahan terminal. Supaya tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari. “Khawatirnya jadi kendala ke depannya, soal administrasi kan penting juga,” tuturnya.

Terpisah, Sekda Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan mengatakan lahan Terminal Indihiang sertifikatnya belum atas nama Pemerintah Kota Tasikmalaya. Bahkan ada beberapa aset lain yang kondisinya serupa. “Tapi penguasaannya sudah berada di pemerintah,” ujarnya.
Disinggung penyebabnya, dia tidak mengetahui secara pasti. Akan tetapi pemerintah kota akan berupaya menuntaskan masalah administrasi sertifikat aset pemerintah. “Mungkin masih sibuk dengan pekerjaan lain, tapi kita harap 2019 sudah bisa diselesaikan,” pungkasnya.(rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.