Setahun, BNNK Garut Ungkap Satu Kasus

25
0
KINERJA. BNNK Garut saat melaksanakan rilis capaian kinerja Senin (30/12). yana taryana / rakyat garut

TAROGONG KIDUL – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut mengungkap satu kasus narkoba selama tahun 2019. Kasusnya yakni penangkapan dua tersangka dengan barang bukti seberat 1,55 gram sabu.

“Dua orang ini merupakan pengedar sabu-sabu di Garut. Sekarang kasusnya sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Garut,” ujar Kepala BNNK Garut Irzan Haryono dalam rilis capaian kinerja tahunan di kantornya Senin (30/12).

Menurut dia, minimnya pengungkapan kasus narkoba karena selama tahun ini pihaknya hanya fokus terhadap pencegahan. Sebab, kata dia, tugas dan dan fungsi BNNK tidak terfokus pada pengungkapan kasus, namun lebih kepada informasi berupa pencegahan.

“Kerja kami adalah bersama-sama dengan pihak lain dan lebih ke pendidikan pencegahan. Seperti diseminasi Informasi P4GN (Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika),” ujarnya.

Dengan upaya penyadaran, diharapkan mampu memutus jaringan peredaran narkotika, sehingga Garut bebas dari peredaran dan penyalahgunaan obat terlarang tersebut. “Dan perlu saya sampaikan, jika peredaran narkoba di Garut itu tidak sebesar di wilayah lain, misal seperti di kota besar seperti di Bandung,” ujarnya.

Kata dia, meskipun pengungkapan kasus narkotika stagnan, program rehabilitasi terhadap pengguna narkoba justru menunjukan peningkatan. “Tahun ini ada sekitar 85 orang yang direhabilitasi, kalau tahun lalu hanya 65 orang,” ujarnya.

Dari jumlah itu, sekitar 20 orang merupakan pengguna sabu, kemudian 50 orang pengguna benzodiazepine serta sisanya 15 orang pengguna zat lain. “Dalam penangannya, mereka bisa rawat inap, bisa juga sampai rawat jalan, tergantung,” kata dia.

Sementara jika diklasifikasikan berdasarkan usia pengguna, rata-rata pecandu yang mendapatkan rehabilitasi didominasi usia 20-30 tahun sebanyak 45 orang dan usia kurang dari 20 tahun sebanyak 25 orang. “Sisanya berusia 31-40 tahun sebanyak 15 orang,” kata dia. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.