Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Setahun, Hanya 100 Anak Yatim

43
0
H Nana Rosadi

Pemerintah Kota Tasikmalaya memiliki program untuk membantu kehidupan anak yatim. Akan tetapi, tahun ini hanya diperuntukkan bagi 100 anak yatim.

Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya H Nana Rosadi mengatakan bantuan kepada anak yatim biasanya ada dari pusat yang disalurkan ke yayasan panti asuhan. Pemkot pun akan menyalurkan bantuan kepada anak yatim yang tinggal di luar panti. “Meskipun tidak banyak, hanya untuk 100 orang saja,” ungkapnya kepada Radar, Jumat (14/6).

Diakui H Nana, angka tersebut hanya sebagian kecil saja dari jumlah anak yatim yang ada di Kota Tasikmalaya. Hal berkaitan dengan jumlah anggaran yang tergolong sedikit. “Hanya sekitar Rp 18 juta,” tuturnya.

Dinsos sudah meminta setiap kecamatan untuk mencari 10 anak yatim. Mereka akan dikumpulkan pekan depan untuk diberi bantuan.

H Nana menjelaskan bahwa Dinsos tidak hanya memperhatikan anak yatim saja. Banyak masyarakat kalangan lain yang parlu dibantu.

“Dari mulai orang sakit, penyandang disabilitas dan lainnya, sementara anggaran kami terbatas,” katanya.

Meskipun begitu, pemerintah tetap memberikan perhatian kepada anak yatim melalui cara lain. Seperti halnya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang sasarannya meliputi janda tidak mampu. “Meskipun tidak secara langsung, tapi itu juga mendukung kehidupan anak yatim,” tuturnya.

Untuk pendidikan, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga mengakomodir siswa dari keluarga tidak mampu yang di dalamnya banyak juga anak yatim. “Dengan begitu mereka tetap bisa sekolah,” tuturnya.

Perlu menjadi catatan, tidak semua anak yatim perlu diberikan bantuan. Pasalnya ada juga mereka yang berasal dari keluarga dengan ekonomi yang berkecukupan. “Jadi harus dipilah mana yang menjadi prioritas,” ujarnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.