Setda Garut Berikan Pemahaman Hukum pada Pelajar

146
0
DIABADIKAN. Asda I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Garut Drs Nurdin Yana MH foto bersama usai membuka kegiatan pembinaan masyarakat sadar hukum bagi pelajar di Gedung Serbaguna SMP Negeri 1 Garut Rabu (26/2). Soni Tarsoni / Rakyat Garut
DIABADIKAN. Asda I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Garut Drs Nurdin Yana MH foto bersama usai membuka kegiatan pembinaan masyarakat sadar hukum bagi pelajar di Gedung Serbaguna SMP Negeri 1 Garut Rabu (26/2). Soni Tarsoni / Rakyat Garut

GARUT KOTA – Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut memberikan pembinaan masyarakat sadar hukum bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 26 Februari – 18 November 2020 yang terbagi pada 12 wilayah di Kabupaten Garut.

Asisten Daerah (Asda) 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Garut Drs Nurdin Yana MH mengatakan kegiatan ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Garut untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terutama pelajar di Kabupaten Garut mengenai hukum.

Menurut dia, kejadian terkait pelajar yang jadi korban maupun sebagai pelaku kenakalan akhir-akhir ini marak terjadi, sehingga meresahkan masyarakat. Seperti tawuran dan perkelahian antar pelajar, penyalahgunaan narkoba, minuman keras dan free sex atau seks pra nikah. Selain itu, kata dia, terjadi juga pelang­garan terhadap informasi dan transaksi elektronik yang melibatkan para pelajar.

Baca Juga : PNS Garut Kecewakan Bupati, Tunjangan Dinaikan IPM Malah Turun

“Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan, mengingat anak-anak ini merupakan investasi generasi yang akan meneruskan perjuangan bangsa,” katanya usai membuka kegiatan di Gedung Serbaguna SMP Negeri 1 Garut Rabu (26/2).

Salah satu upaya untuk mengantisipasi fenomena tersebut, Pemerintah Kabupaten Garut melalui Bagian Hukum Setda Garut melaksanakan kegiatan pembinaan sadar hukum.

“Melalui kegiatan ini, pelajar dapat memperoleh pemahaman dan pemikiran tentang hukum, sehingga mereka bisa menjadi warga negara yang taat hukum dan mengikuti aturan,” ujarnya.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut Kristanti Wahyuni SH mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran hukum masyarakat terutama di kalangan pelajar SMP di Kabupaten Garut. Kegiatan itu diikuti oleh kepala sekolah, guru dan pelajar SMP.

Baca Juga : Longsor Batu, Jalan Cikajang Garut Tertutup

Materi yang disampaikan di antaranya perlindungan terhadap guru, Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008 Juncto Yurisprudensi Mahkamah Agung bahwa guru tidak bisa dipidana karena mendisiplinkan siswa.

“Selain itu, kegiatan ini membahas Undang-Undang tentang informasi dan transaksi elektronik dan perlindungan anak,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Totong SPd MSi menyatakan kegiatan ini penting dalam rangka penguatan karakter siswa serta pemahaman tentang hukum.

“Kami terus memberikan pemahaman tentang hukum kepada siswa dan pengajar, serta mempertegas penerapan tata tertib di sekolah,” ujarnya. (son)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.