Setiap Hujan, Warga Cemas

36
ISTIMEWA TERANCAM LONGSOR. Tiga rumah di Dusun Bojongsari Desa Dewasari Kecamatan/Kabupaten Ciamis terancam terbawa longsor Jumat (15/3).

CIAMIS – Tiga rumah milik Herna (40), Rusli (43) dan Eli (45) di Dusun Bojongsari Desa Dewasari Kecamatan/Kabupaten Ciamis terancam ambruk terbawa longsor. Mereka berharap pemerintah segera menanan gani longsoran di sisi Sungai Ciramat itu. Jika dibiarkan, tak hanya tiga rumah itu yang terbawa longsor, rumah-rumah lainnya juga sama.

Herna menjelaskan longsor di depan rumahnya dan tetangganya, Rusli dan Eli terus membesar. Apalagi saat hujan turun. Selalu longsor. Tadinya jarak antara Sungai Ciramat dan rumah Herna sekitar 50 meter, kini tinggal dua meter lagi.

“Saya jadi khawatir rumah saya dan dua rumah tetangga juga terbawa longsor, saya bingung lagi pindah ke mana? Karena tidak punya pengganti tanah lagi,” ujar Herna kepada Radar.

Rusli (43) lebih khawatir lagi. Analisisnya, bila longsor tidak segera ditangani pemerintah, maka akan merembet kepada rumah lainnya.

Dia mengaku sudah menyampaikan persoalan longsor tersebut kepada aparat pemerintah setempat. Harapannya, laporan tersebut disampaikan ke pemerintah.

“Bila memang tidak ada respons, pihaknya akan bersama-sama masyarakat audiensi ke dinas terkait agar ada penanganan,” paparnya.

Eli (45), pemilik rumah lainnya, mengaku tidak berani tinggal di depan rumah, karena khawatir bagian depan rumahnya terbawa longsor. Dia memilih di dapur. Dia takut tiba-tiba longsor saat hujan.

Jarak rumah dengan tepian longsor, kata Eli, sekitar 8 meter. Jadi sangat khawatir terbawa.

“Setiap hujan saya rasakan was-was, karena takut longsor,” ujarnya. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.