Setiap Tanggal 25, Gunakan Pakaian Adat

3
PAKAIAN ADAT. Seorang pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Setda Kabupaten Pangandaran memakai pakaian adat setiap tanggal 25. Kebijakan ini dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Pangandaran sebagai upaya mengingatkan masyarakat bahwa tanggal 25 merupakan waktu DOB Pangandaaran.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARIGI – Pemerintah Kabupaten Pangandaran mengharuskan para pegawaianya mengenakan pakaian adat sunda setiap tanggal 25. Untuk laki-laki mengenakan baju pangsi dan perempuan mengunakan kebaya.

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Pangandaran Lilis Kusmawati mengatakan aturan tersebut mengacu kepada Peraturan Bupati (Perbup) No 20 tahun 2016 tentang Pakaian Dinas. ”Aturan tersebut sudah dituangkan dalam perbup, ini sebagai upaya pemkab melestraikan budaya dan adat di Pangadaran,” ungkapnya kepada wartawan Selasa (25/9).

Selain itu, tanggal 25 merupakan waktu yang sangat sakral bagi Kabupaten Pangandaran, dimana pada 25 Oktober 2012 DOB Pangandaran lahir. ”Untuk itu sangat tepat jika pada momentum ini, semua pegawai di lingkungan Setda harus memakai pakaian adat,” jelasnya.

Sementara itu para pegawai di lingkungan DPRD Kabupaten Pangandaran juga memakai pakaian adat seperti halnya di lingkungan Setda.

Tokoh adat Pangandaran Didin mengapresiasi apa yang diinstruksikan oleh Bupati Pangandaran terkait pemakaian pakaian adat itu. ”Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan terus kedepannya, agar tradisi ini bisa terangkat,” tuturnya.

Sebab, kata dia, pakaian adat tersebut me­rupakan jati diri masyarakat sunda khu­­susunya Pangandaran. “Jadi perlu di­per­tahankan dan dilestarikan,” tandasnya. (den)

loading...