Shalat Jumatan di Masjid Agung Kota Banjar Tetap Dilaksanakan

303
0

BANJAR – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Banjar KH Mukhtar Ghozali mengatakan, pihaknya tetap melaksanakan Shalat Jumat di mesjid Agung Kota Banjar.

Sejauh ini pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah daerah mengeluarkan intruksi larangan salat jumat di masjid agung demi mencegah penyebaran dan paparan virus covid-19.

“Untuk menyikapi Fatwa MUI nomor 14 2020 tentang penyelenggaraan ibadah disaat wabah covid-19, MUI Kota Banjar sendiri melihat jika kondisinya masih terkendali, maka shalat jumat harus tetap diadakan, hanya teknisnya perlu kita sikapi bersama,” kata dia, Kamis (19/3).

DKM mengecek kebersihan dan kesahan air wudhu, toilet, kemudian sebelum sholat jumat bersihkan karpet atau pel lantai dengan disinfektan.

Membuka semua jendela dan pintu agar sirkulasi udara bagus. Durasi khutbah diperpendek tanpa mengurangi sarat sarat sah khutbah itu sendiri.

Pelaksanaan sholat jumat tidak terlalu lama dan setelah shalat jamaah tidak banyak berinteraksi di dalam masjid.

Loading...

“DKM mesjid besar, juga masjid jami agar selalu berkoordinasi dengan puskesmas setempat dan turut memantau keadaan kesehatan jamaah.” ujarnya.

Kemudian tambahnya, shalat jumat dan shalat fardu 5 waktu tetap dilaksanakan di mesjid selama belum ada ketetapan darurat covid-19 yang diinformasikan oleh pemerintah setempat.

“Hadapi wabah ini dengan penuh kewaspadaan, tidak lebay dan tidak membuat masyarakat merasa mencekam. Karena setelah kita optimal berikhtiar semua ada dalam ketentuan Allah SWT. Maka perbanyaklah ibadah, dzikir, shalawat, shadaqah dan lainnya,” tambahnya.

(cecep herdi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.