Si Merak, Juara Class Exhibition di Kejurnas PPAKN

357
0
RAIH JUARA. Si Merak, ayam dari Birma Boxing Ciawi Roster Farm meraih juara di Kejurnas PPAKN Purwakarta beberapa waktu lalu.

CIAWI – Birma Boxing Ciawi Roster Farm (BBC RF) di Desa Kurnia Bakti Kecamatan Ciawi menempatkan ayamnya, Si Merak, juara Class Exhibition 3,2 kilogram pada Kejuaraan Nasional dalam rangka Anniversary Perkumpulan Penghobi Ayam Kontes Nusantara (PPAKN) Jawa Barat ke-4 di Purwakarta, belum lama ini.

Anggota PPAKN yang juga Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Tasikmalaya, Ceng Ulumudin mengatakan, Si Merak menang TKO pada ronde ketiga. Ayamnya memiliki kelebihan pukulan ke arah vital lawan. “Dalam kontes setiap satu rondenya 20 menit. Ini menjadi prestasi terbaik di kelasnya,” katanya kepada Radar, Kamis (28/2).

Dengan meraih juara pada kejurnas ini, Si Merak menjadi sorotan. Banyak yang menawar dengan harga fantastis. Mulai dari Rp 20-40 juta. Penawarnya dari berbagai daerah, seperti Surabaya dan lainnya. “Sebelumnya, harga Si Merak hanya ditawar Rp 2,5 juta saja. Ditawarkan Rp 5 juta tidak laku,” ujar dia.

Saat ini, kata dia, anakan ayam jenis Pama IQ, seturunan dengan Si Merak berumur satu bulan dihargai Rp 500.000. Ini menandakan antusias terhadap ayam jenis tersebut cukup tinggi. “Selain jenis Pama IQ, kita juga ada ayam yang diternak jenis Pakhoy dan Saigon,” jelasnya.

Lanjut dia, Si Merak merupakan ayam jenis Pama IQ jebolan CBF Tangerang. Ayam tersebut turunan impor, asli Thailand. “Bapaknya Si Dodo, ayam seharga Rp 300 juta milik Owner CBF Tangerang, Koh Sangsang,” katanya.

Ceng menjelaskan, untuk menjadikan ayamnya juara pada kontes, dilakukan perawatan dengan baik. Mulai dari olahraga, mandi dan menjemur. Tak lupa, untuk memberikan tenaga dan menjaga stamina, diberikan asupan suplemen yang seimbang. “Kami juga memberikan jamu kamlang,” ungkapnya.

Ceng berharap PPAKN Tasikmalaya bisa menyelenggarakan kejuaraan nasional. Karena, class exhibition ini bukan sebuah judi, melainkan kontes penghobi ayam. (ujg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.