Siagakan 22 Dokter saat Liburan

10
SIAP BERTUGAS. Petugas kesehatan disebar ke tiap posko kesehatan di beberapa titik jalan di wilayah Pangandaran hingga tahun baru 2019 Selasa (25/12). (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)

PANGANDARAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran membuka posko kesehatan di beberapa jalan protokol dan objek wisata selama liburan natal dan tahun baru.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Aa Sukmadi mengatakan pembukaan pos kesehatan dimulai dari tanggal 25 Desember hingga 1 Januari 2018.

”Di objek wisata Pangandaran kita membuka empat posko di TIC, Polair, Lifeguard dan Pangandaran Sunset,” ujarnya kepada Radar, Selasa (25/12).

Sementara itu, di objek wisata lain juga dibuka posko kesehatan mulai dari Kalipucang, Padaherang, Karapyak, Batuhiu Sampai Ciwayang Kecamatan Cigugur. Termasuk Madasari Cimerak.

”Kalau yang dijalur protokol ada sembilan posko, itu dibuka 24 jam sementara yang biasa hanya waktu jam kerja saja,” terangnya.

Total, kata dia, ada 22 dokter dan 40 perawat, mereka disiagakan di tiap pos secara shift. ”Supaya tidak mengganggu pelayanan reguler, jadi mereka kita bagi-bagi tugas,” tuturnya.

Menurutnya, posko tersebut melakukan penanganan kedaruratan dan melakukan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan.
”Jika harus mendapat penanganan serius, nanti akan dibawa ke puskesmas terdekat,” ucapnya.

Dia menambahkan pembukaan posko tersebut rutin dilakukan setiap menjelang hari raya dan liburan panjang. ”Kami selalu siap siaga ketika liburan hari raya atau akhir tahun tiba,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Achmad berharap sampai liburan tahun baru nanti, tidak terjadi apa-apa.

”Semua petugas diharapkan siaga dan mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa, sehingga wisatawan bisa berlibur dengan tenang,” tuturnya.(den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.