Siagakan Alat Berat di Lokasi Rawan Longsor

30
0

GARUT KOTA – Memasuki musim hujan, Pemerintah Kabupaten Garut menyiagakan delapan unit alat berat di beberapa lokasi rawan bencana. Hal itu dilakukan untuk penanganan bencana alam tanah longsor apabila menimpa bangunan maupun menutup badan jalan.

“Alat berat kita sudah siagakan untuk atasi tanah longsor, sehingga ketika terjadi bencana bisa langsung dtangani,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut Luna Aviantini kepada wartawan di kantornya Kamis (26/12).

Menurut dia, wilayah Garut terdapat beberapa titik rawan bencana tanah longsor pada musim hujan seperti di wilayah Utara dan Selatan Garut.

Pihaknya mengantisipasi berbagai ancaman itu dengan menyiapkan kendaraan alat berat seperti ekskavator, loader hingga dump truk. “Kendaraan tersebut disiapkan di area rawan longsor yang ada di daerah Garut Utara dan Selatan,” ujarnya.

Ia menyampaikan Dinas PUPR bersama instansi terkait lainnya mendirikan posko di beberapa titik sekitar rawan tanah longsor selama pengamanan libur pergantian tahun.

“Kita siapkan beberapa posko memasuki musim libur akhir tahun,” kata dia.

Selain antisipasi longsor, pihaknya juga mengantisipasi terjadinya ancaman banjir dan genangan air di perkotaan Garut. Hal itu dilakukan dengan cara memperbaiki drainase. “Ada 11 titik gorong-gorong yang akan diperbaiki aliran airnya, sehingga tidak terjadi genangan saat hujan turun. Genangan itu disebabkan kurang optimalnya saluran buang,” ujarnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.