Siang Sedikit, Sampah Menumpuk Lagi

167
0
BERI PEMAHAMAN. Satgas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasik mengimbau warga di sekitar Kompleks Olahraga Dadaha agar membuang sampah pada tempatnya Rabu (22/1). Firgiawan / Radar Tasikmalaya

DADAHA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya mulai menerjunkan Satuan Petugas (Satgas) Kebersihan. Mereka menyisir sejumlah titik yang rawan terjadi penumpukan sampah di lahan kosong atau Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar.

Sekretaris DLH Kota Tasikmalaya Mujadi yang terjun langsung menyisir bersama tim, mendapati banyaknya pembuang sampah sembarangan. Termasuk, membuang sampah pada jam di luar jadwal pengangkutan.

Baca juga : Usai Musim Liburan, DPRD Pangandaran Soroti Sampah

“Pantauan kami, masih rendah memang kesadaran menjaga kebersihan. Kedisiplinan jelas masih minim dalam membuang sampah di tempat yang sudah disediakan,” ujarnya di sela operasi satgas di Kompleks Olahraga Dadaha Rabu (22/1).

Dia menyebut dari beberapa titik penyisiran TPS liar, mulai Jalan RE Martadinata, Kompleks Olahraga Dadaha dan beberapa titik lainnya, masih ditemukan penumpukan sampah. Padahal, sejak pagi hari armada pengangkut sudah mengelilingi rute pelayanan, pun lokasi TPS liar.

“Jadi fenomenanya begini, armada kami sudah mengangkut di titik-titik TPS liar, siang sedikit sampah menumpuk lagi, karena masyarakat masih ada yang buang sampah diluar jam pengangkutan,” katanya menjelaskan.

Padahal, kata Mujadi, pihaknya sudah menyebar edaran terhadap kelurahan untuk disampaikan kepada masing-masing RW. Itu supaya masyarakat membuang sampah tidak lebih dari pukul 07.00, sehingga bisa diangkut armada.

“Saat ini masih terus tahap sosialisasi. Ke depan ada kejadian seperti itu lagi kami koordinasi dengan Satpol PP untuk dikenakan sanksi sesuai Perda Nomor 7 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah,” tutur Mujadi.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.