Siap Jawab Tantangan Industri 4.0

26
0

JAKARTA – Industri 4.0 merupakan tantangan globalisasi yang menciptakan ketidakpastian. Penyebaran informasi sekarang ini yang telah melibatkan mesin-mesin harus membutuhkan perhatian khusus untuk mempertahankan integritas informasinya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Konvensi Nasional Humas untuk 2018 Benny S. Butarbutar Jakarta Kamis (15/11).

Benny mengatakan dalam era kemajuan Industri 4.0 ini menjadi sebuah tantangan besar bagi sebuah humas. Pasalnya dengan adanya peran sosial media dan artificial intelligence, Humas akan semakin tidak terlihat peranannya.

“Maka Perhumas sebagai lembaga profesi perlu terus menerus meningkatkan kapasitas dan kualitas Humas Indonesia secara berkelanjutan. Sudah saatnya Humas Indonesia memimpin di depan dengan menjadikan teknologi informasi, digitalisasi dan sosial media sebagai instrumen kekuatan PR di masa depan atau di era industri 4.0,” ujar Benny.

Menurut Benny Humas Indonesia bukan lagi sebagai alat pemadam kebakaran yang reaktif, tetapi memimpin di depan dengan strategic thinking yang kuat. Menghadapi hal tersebut lanjut Benny praktisi humas perlu melengkapi diri juga dengan local wisdom yang menjadi kekuatan pemain lokal dan memperkuat platform digital guna meningkatkan awarness sebagai contact point bagi sasaran khakayaknya.

Benny menuturkan bahwa kekuatan lainnya adalah mengedepankan kekuatan digital PR yang semakin interaktif melalui dua arah. Hal tersebut akan mampu memperkuat engagement. “Pada akhirnya menciptakan komunitas advokasi dan netizen adalah sebagai agent word of mouth yang efektif. Hal itu yang disebut sebagai driving understanding & reputation,” lanjutnya.

“Dengan adanya konvensi nasional humas sendiri adalah instrument untuk meningkatkan wawasan, pemahaman dan kapasitas sekaligus spesialisasi hu­mas yang sudah saatnya dimun­culkan, mengingat besarnya tantangan dan peluang yang ada di Era Dis­rup­tion saat ini,” tandasnya. (zen/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.