Beranda Ciamis Siapkan 2.650 Linmas untuk Pilkada

Siapkan 2.650 Linmas untuk Pilkada

127
BERBAGI
IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA PELATIHAN. Sebanyak 2.650 anggota Linmas mengikuti pelatihan dan pembinaan yang diselenggarakan Satpol PP Kabupaten Ciamis di Gedung LVRI Kamis (11/1).

CIAMIS – Menghadapi Pilkada serentak, Satpol PP Kabupaten Ciamis menyiapkan 2.650 anggota Linmas untuk mengamankan lingkungan saat pemilihan berlangsung. Para petugas akan disebar di 265 desa dengan satu desa dijaga 10 Linmas. Tugas mereka adalah melakukan patroli untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban lingkungan saat pencoblosan berlangsung.
“Mereka (bertugas) menjaga lingkungan. Karena saat pencoblosan masyarakat akan meninggalkan rumahnya, maka mereka diperlukan untuk menjaga keamanan lingkungan,” ungkap Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Ciamis Rismunandar usai Pembinaan dan Pelatihan Linmas untuk pengamanan Pilkada di Gedung Legiun Veteran RI Granadha di Jalan Drs H Soejoed Kabupaten Ciamis Kamis (11/1) pukul 10. 00.
Selama mengamankan wilayah, lanjutnya, Linmas diminta tetap berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI. Mereka harus bisa fleksibel ketika di lapangan dengan menjalin kebersamaan dengan TNI-Polri. Linmas yang dikerahkan Pol PP berbeda dengan yang akan berjaga di TPS. Untuk TPS, disiapkan oleh KPU. “Mereka disiapkan untuk pengamanan pilkada (bukan TPS, Red),” tegasnya.
Komisioner KPU Ciamis Divisi Teknis H Ade Rusmana SH menuturkan untuk menghadapi pencoblosan, KPU juga ikut menyiagakan Linmas. Jumlahnya sekitar 4.526 orang. Mereka akan ditempatkan di 2.263 TPS. Satu TPS akan dijaga dua Linmas dan tujuh petugas KPPS. (isr)

loading...