Siapkan Bibit Atlet untuk Porda

87
0
SIAP BERTANDING. Peserta Kejuaraan Pencak Silat Walikota Cup VIII mengikuti acara pembukaan di GOR Susi Susanti Kompleks Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya Rabu (25/12). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Perisai Diri (PD) Cabang Kota Tasikmalaya mengadakan Kejuaraan Pencak Silat Walikota Cup VIII di GOR Susi Susanti Kompleks Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya Rabu-Kamis (25-26/12). Kompetisi ini diikuti pelajar tingkat SD, SMP, SMA atau sederajat serta perguruan tinggi Se Kota Tasikmalaya.

Ketua PD Cabang Kota Tasikmalaya Ilman Saeful Rohman SPd mengatakan kejuaraan pencak silat ini diikuti 445 peserta. Kompetisi pencak silat ini akan melahirkan bibit atlet baru yang berbakat dan terampil. Diharapkan bisa menggali potensi-potensi atlet untuk berbicara di tingkat provinsi hingga internasional.

“Ajang ini sebagai seleksi dari semua ranting yang sudah diberikan pembinaan. Selain itu untuk memunculkan bibit baru menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2022,” kata dia kepada Radar, Rabu (25/12).

Kejuaraan pencak silat ini, sambungnya, diikuti sebanyak 28 ranting PD dari lembaga sekolah dan perguruan tinggi di Kota Tasikmalaya yang sudah dibina dan dilatih oleh PD Kota Tasikmalaya.

“Kita ramu atlet dari 28 lembaga pendidikan sebagai regenerasi atlet pencak silat yang diharapkan turut menyumbang prestasi pada ajang Porda 2022,” ujarnya.

Ia menjelaskan, adanya ekstrakurikuler Pencak Silat di beberapa sekolah di Kota Tasikmalaya dalam rangka mencetak generasi yang kuat dan berkarakter. Selain itu mewadahi anak muda dengan kegiatan yang positif.

Loading...

Ketua pelaksana acara Denty Puteri Kusnawan menjelaskan kejuaraan pencak silat ini bertujuan mengangkat prestasi dan pembinaan pencak silat di Kota Tasikmalaya. “Menambah bibit atlet pencak silat yang bisa mengharumkan Kota Tasikmalaya di Porda 2022,” katanya.

Ia berpesan, agar para peserta tidak mudah merasa puas. Mesti terus belajar, berlatih dan bersemangat. “Pemenang lomba ini akan diikutkan pada kejuaraan PD Cup Se Pulau Jawa pada Januari mendatang,” ujarnya.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Kota Tasikmalaya Muhamad Arif Gunawan ST MSi mengapresiasi penyelenggaraan kejuaraan pencak silat PD ini karena dapat menginspirasi dan terus meningkatkan kualitas pencak silat di Kota Tasikmalaya.

“Mudah-mudahan dengan penyelenggaraan ini dapat menjadi ukuran atau barometer keberhasilan pencak silat PD Kota Tasikmalaya,” katanya.

Ia menambahkan, pada tahun 2022 Kota Tasikmalaya akan menjadi tuan rumah Porda ke XIV. Ajang ini, mampu menyiapkan atlet yang berkualitas dan mampu bersaing dalam meraih prestasi. Selain itu, ia pun mengajak PD Kota Tasikmalaya untuk ikut seleksi IPSI Cup III. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.