Siapkan Delapan Isu Strategis

57
BAHAS RPJMD. Forum Konsultasi Publik membahas rancangan awal RPJMD Kabupaten Ciamis 2019-2024 di Aula Adipati Anggana Bappeda, Selasa (14/5). Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya

CIAMIS – Forum Konsultasi Publik (FKP) membahas rencana awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ciamis 2019-2024 di Aula Adipati Anggana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis, Selasa (14/5).

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya menerangkan FKP RPJMD mempunyai peran yang strategis dalam menentukan arah kebijakan pembangunan daerah selama lima tahun ke depan dan kerangka pendanaan pembangunan serta program perangkat daerah.

“Kabupaten kami telah mengalami kemajuan di berbagai bidang pembangunan. Hal ini terlihat dari capaian indikator makro pembangunan Kabupaten Ciamis yang terus mengalami peningkatan, seperti IPM (indeks pembangunan manusia), LPE (laju pertumbuhan ekonomi) dan PDRB (produk domestik regional bruto) serta persentase kemiskinan dan pembangunan yang mengalami penurunan,” tutur dia.

Herdiat menerangkan, mengenai kebijakan-kebijakan pembangunan yang telah dilaksanakan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat selama ini akan tetap diteruskan dan ditingkatkan. Era saat ini sudah memasuki perkembangan dunia yang dinamis penuh tantangan dan kompetitif. Kondisi tersebut sebenarnya juga mendatangkan banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk modal pembangunan melalui kebijakan-kebijakan strategis yang tepat sasaran.

Ada delapan isu strategis Kabupaten Ciamis untuk lima tahun ke depan. Pertama, penanganan kemiskinan, pengangguran dan ketenagakerjaan. Kedua, peningkatan kualitas dan kesempatan pendidikan. Ketiga, peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Keempat, peningkatan daya beli masyarakat. Kelima, peningkatan kualitas infrastruktur wilayah dan pedesaan. Keenam peningkatan kinerja pemerintah daerah. Ketujuh pemberdayaan masyarakat dan desa. Kedelapan peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanganan bencana alam. “Isu-isu tersebut merupakan dasar untuk merumuskan strategi perencanaan ke depan yang dituangkan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Ciamis 2019-2024,” tutur dia.

Untuk lima tahun ke depan memimpin Ciamis, Herdiat-Yana memiliki visi “Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera untuk Semua”. Visi ini ditunjang enam misi. Pertama, meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kedua, meningkatkan ketersediaan infrastruktur yang mendukung pengembangan wilayah. Ketiga, mengembangkan perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan, potensi unggulan lokal dan pemberdayaan masyarakat. Keempat, meningkatkan kualitas daya dukung lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Kelima, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Keenam, memperkuat otonomi desa dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat dan desa.

“Kami berpesan kepada seluruh jajaran untuk mengikuti dan mencermati secara saksama. Terjemahkan indikator daerah yang tercantum dalam RPJMD. Tentunya ke dalam indikator perangkat daerah masing-masing dan yang lebih penting menyusun rencana program lima tahun ke depan secara efektif dan efisien,” tutur dia. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.