Siapkan Penyembelih Hewan Bersertifikat

41
0
PERSIAPAN. Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Garut Sofyan Yani saat ditemui Kamis (27/6). Yana Taryana / rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut mulai menyiapkan penyembelih hewan profesional dan bersertifikat. Hal tersebut dikatakana Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Garut Sofyan Yani.

“Tahap pertama, kami latih 20 orang dulu untuk menjadi penyembelih hewan kurban profesional dan bersertifikat,” ujarnya kepada wartawan di kantornya Kamis (27/6). Menurut dia, persiapan dilakukan sesuai peraturan Menteri Pertanian Nomor 114 tahun 2014 tentang Pemotongan Hewan Kurban.

Dia mengatakan dalam pemotongan hewan, pemerintah harus memperhatiakan dari mulai tahapan penjualan hewan kurban, pengangkutan, kandang penampungan dan tempat pemotongannya. Bahkan, tata cara penyembelihan hewan kurban dan distribusi daging kurban pun harus memperhatikan aspek teknis dan memenuhi unsur syariat. “Yang jelas harus memenuhi kriteria aman, sehat, utuh dan halal atau ASUH,” ujarnya.

Sofyan menerangkan para pemotong profesional yang sudah diberi pelatihan nantinya akan disebar di seluruh wilayah Kabupaten Garut. Tugasnya bukan hanya memotong, tetapi memberikan bimbingan kepada masyarakat terkait tata cara menyembelih hewan kurban yang baik dan benar sesuai syariat Islam.

“Jadi bukan mereka langsung (memotong), namun mereka akan membimbing langsung masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Sofyan memastikan seluruh hewan untuk kurban dalam keadaan sehat. “Kami pastikan juga seluruh hewan yang ada bebas PMK (penyakit mulut kuku),” kata dia.

Dia menyebut total pupulasi ternak yang tersebar di Garut sebagai berikut; sapi potong sebanyak 22.304 ekor, sapi perah 13.052 ekor, kerbau 12416 ekor, domba 584.559 ekor, kambing 62.273 ekor, kuda 2.478 ekor, ayam pedaging 1.193.555 ekor, ayam petelur 466.846 ekor, ayam kampung 1.363.190 ekor dan itik 318.477 ekor.

“Untuk harga per kilogram hewan kurban yakni untuk sapi dipatok mulai Rp 50.000 hingga Rp 65.000 per kilogram, sementara harga satuan domba dan kambing yakni berada di kisaran Rp 85 ribu per kilogram,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.