Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.7%

8.1%

3.5%

23.6%

2.3%

45%

0.1%

16.7%

0%
Usulkan Tambahan PJU untuk Jalur Selatan

Siapkan Rambu Lalin untuk Mudik

223
0

CIAMIS – Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2018. Diantaranya menyiapkan rambu-rambu penunjuk arah, traffick light, warning light dan penerangan jalan umum (PJU). Terutama di sepanjang jalan nasional.

Kabid Lalin Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis H Edi Yulianto Atd MM mengungkapkan pihaknya telah memasang 42 lampu PJU di sepanjang jalur alternatif di wilayah Ciamis utara.

“Makanya untuk menghadapi mudik tahun 2018, tidak akan gelap lagi seperti tahun sebelumnya. Sedikitnya pemudik bisa aman melawati jalur tersebut, karena sudah ada penerangan,” ungkap Edi saat ditemui di kantornya, Jalan Otto Iskandardinata Kabupaten Ciamis Senin siang (22/5).

Dia menjelaskan idealnya PJU dipasang setiap jarak 50 meter. Untuk itu, saat ini pihaknya tengah mengajukan kembali penambahan PJU untuk wilayah Ciamis selatan. PJU yang diusulkan adalah yang menggunakan listrik PLN, sebab PJU bertenaga solar sel mudah rusak.

“Setidaknya (PJU dengan listrik PLN) akan lebih aman dan jalan bisa terang,” jelasnya.
Selain PJU, Dishub juga menyiapkan rambu lalu lintas untuk pengalihan arus. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan di wilayah Gentong menuju Ciamis.

Nantinya arus lalu lintas yang padat dari Ciamis akan dialihkan ke Tol Cipali. Sehingga, jalur selatan akan mengalami penurunan kepadatan kendaraan. Sebaliknya, pada arus balik jalur ini biasanya menjadi padat.

“Makanya nantinya kita akan pasang rambu portabel pengalihan arus. Itu akan dipasang di setiap persimpangan. Setidaknya, pemudik tidak salah jalan menuju Tol Cipali,” paparnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.