Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.9%

2.5%

26.4%

2.6%

50.1%

0.1%

8.8%

0%

Siapkan Siswa Unggul di Bidang Sains

16
1
KBM. Kepala SDN 3 Sukarindik Erna Hernayani SPd memantau kegiatan belajar mengajar di kelas Rabu (13/11).

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Sukarindik Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya menyiapkan peserta didik yang unggul dan berprestasi dalam setiap lomba, khususnya pada kompetisi sains.

Kepala SDN 3 Sukarindik Erna Hernayani SPd mengatakan peran guru sangat signifikan dalam mencetak generasi unggul ini. Untuk itu, guru harus meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar (KBM) baik dengan penguatan pendidikan karakter serta membina minat dan bakat siswa di bidang akademik.

“Jadi penting sekali bagi guru untuk meningkatkan kualitas diri. Hal ini dalam rangka memajukan prestasi sekolah,” kata dia kepada Radar, Rabu (13/11).

Ia menjelaskan, selama ini SDN 3 Sukarindik meraih berbagai prestasi akademik dan non akademik. Salah satunya di bidang Olimpiade Sains Nasional (OSN).

“Selama dua tahun terakhir secara berturut-turut sekolah kami bisa mewakili Kecamatan Bungursari ke ajang OSN Tingkat Kota Tasikmalaya,” katanya.

Pihaknya menargetkan prestasi yang lebih unggul di bidang sains. Salah satunya dengan memaksimalkan pembelajaran matematika dan IPA (MIPA).

“Di bidang sains ini, saya selalu mengajak guru untuk memantau perkembangan siswa, diharapkan mereka lebih meningkatkan wawasan di bidang sains,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain meraih prestasi di bidang sains, SDN 3 Sukarindik meraih juara 3 atletik tingkat Kota Tasikmalaya, juara 1 mewarnai tingkat Kota Tasikmalaya, juara harapan 1 tahfiz tingkat Kota Tasikmalaya. Prestasi tersebut diraih selama tahun 2018.

Guru Pembina MIPA SDN 3 Sukarindik Yeliana SPd menjelaskan, dalam upaya menyiapkan siswa yang siap berkompetisi di bidang sains, maka guru harus membina siswa-siswa tersebut di waktu khusus. Misalnya mengambil waktu istirahat dan sepulang sekolah. Hal itu agar siswa lebih matang dan siap berkompetisi.

“Siswa diberikan latihan soal, membaca referensi dari buku dan internet. Untuk menjadi sang juara maka siswa harus sabar dalam berproses,” katanya. (riz)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.