Unisba Siapkan Workshop Investigatif

98
0
BERBINCANG. Tim PKM Unisba Dr Septiawan Santana K MSi berbincang dengan Direktur Radar Tasikmalaya Group Dadan Alisundana, Rabu (27/2).Firgiawan / Radar Tasikmalaya

CIHIDEUNG – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ilmu Komunikasi-LPPM Universitas Islam Bandung (Unisba) bekerja sama dengan Radar Tasikmalaya Group akan menyelenggarakan Pelatihan Peliputan Investigatif Korupsi di Daerah.

Tujuannya supaya para jurnalis bisa mendapat tambahan skill dalam melakukan peliputan investigasi. Pada pelatihan tersebut juga akan disampaikan mengenai teori dan praktik liputan investigasi.

“Pelatihan ini bersifat workshop pengetahuan, wacana dan memberi tambahan skill tentang bagaimana melakukan peliputan investigasi korupsi,” ujar Tim PKM Unisba Dr Septiawan Santana K MSi saat berkunjung ke Radar Tasikmalaya, Rabu (27/2).

Pria yang juga Dekan Fikom Unisba itu menjelaskan, kegiatan pelatihan rencananya diselenggarakan pertengahan Maret 2019. Para peserta akan diberikan wawasan pengetahuan langsung dari narasumber yang berkompeten di bidang tersebut.

Mulai dari Rektor Unisba yang juga Guru Besar Hukum Pidana Unisba Prof Dr Edi Setiadi SH MH, Wakil Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat Erwin Kustiman dan lainnya.

“Supaya media lebih cermat dan jeli mengungkap kasus pelanggaran yang terjadi di masyarakat. Prof Edi juga kebetulan sudah membuat buku tentang korupsi, sehingga materi nanti dicampur antara teori dengan praktik peliputannya,” tuturnya memaparkan.

Bagi dunia jurnalistik, kata dia, investigasi merupakan terminologi khusus. Untuk itu, penyelenggara pelatihan nantinya akan membahas secara akademis berkaitan investigasi jurnalistik. Maka dari itu, pemateri yang merupakan wartawan senior serta redaktur atau pemred juga dijadikan pemateri.

“Jadi nanti yang terbiasa dengan persoalan korupsi kita hadirkan juga. Selain latihan teori, juga latihan praktik terkait investigasi itu sendiri,” kata dia. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.