Beranda Tasikmalaya Sidak Makanan Jangan Hanya Formalitas

Sidak Makanan Jangan Hanya Formalitas

177
BERBAGI
SIDAK. Petugas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tasikmalaya memeriksa tanggal kadaluarsa makanan kaleng olahan ikan laut saat sidak, Selasa (27/3).

SINGAPARNA – Disperindag, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan dan Polres Tasikmalaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait ditemukannya cacing pita pada makanan kaleng olahan ikan laut di beberapa daerah, Selasa (27/3).

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Tasikmalaya Asep Maman mengatakan sidak kali ini untuk menindaklanjuti banyaknya informasi yang beredar terkait adanya temuan cacing pita dalam makanan kaleng olahan ikan laut. “Saat sidak ke mini market dan pasar tidak ditemukan merk makanan kaleng yang terdapat cacing pita di dalamnya,” ujarnya kepada wartawan usai sidak kemarin.

Akan tetapi untuk an­ti­si­pasinya, makanan kaleng dengan jenis yang sama dilihat tanggal kadaluarsanya untuk memastikan tetap aman dikonsumsi oleh masyarakat. “Tadi (kemarin, Red) tidak ditemukan makanan kaleng yang kadaluarsa,” ungkapnya. Selain melakukan sidak makanan kaleng, tim juga memastikan tidak ada peredaran Viostin DS, Albothyl dan Enzyplex.

Anggota Komisi II DPRD H Cecep Nuryakin menilai sidak yang dilakukan jangan hanya formalitas saja. Melainkan harus teliti supaya memastikan barang atau makanan tersebut aman dikonsumsi oleh masyarakat. “Misalnya terkait makanan kaleng yang mengandung cacing pita, itu seharusnya dipastikan dengan membuka kalengnya walaupun berbeda merk. Sehingga ada jaminan aman untuk ma­syarakat meng­kon­sumsinya,” bebernya.

Me­nu­rutnya, sangat disa­yangkan kalau sidak hanya sebatas melihat dari segi kemasan dan tanggal kadaluarsa saja. “Kalau selalu seperti ini, terkesan hanya formalitas saja sidak yang dilakukan. Walaupun demikian kita apresiasi niat pemerintah sangat baik dengan antisipasi beredarnya merk makanan kaleng yang mengandung cacing pita, tapi diharapkan bisa lebih teliti sidaknya,” terangnya. (ujg)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.