Sikemala dan PTSP Layanan Publik dari Kejaksaan

25

MANGUNREJA – Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya melaunching Sistem Informasi Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya (Sikemala) dan peluncuran PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Senin (22/7).

Kedua program ini ditujukan untuk efisiensi dan efektivitas seluruh pelayanan Kejaksaan kepada masyarakat.

Pada acara lounching yang dilakukan Bupati Tasikmalaya itu, dihadiri Kapolres Tasikmalaya, Danlanud Wiriadinata, Pejabat Kodim/0612 Tasikmalaya dan unsur Forkominda serta sejumlah kepala SKPD Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya Sri Tatmala Wahanani mengatakan dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 tahun 2019, pihaknya menciptakan terobosan baru untuk memberikan pelayanan publik lebih baik, mudah dan cepat serta terintegrasi.

Tujuan peluncuran program Sikemala terang dia, tidak lain untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang dibutuhkan, mulai dari jadwal Sidang, informasi perkara Pidana Umum, Pidana Khusus, Perdata dan Tata Usaha Negara, TP4D, informasi tilang dan pengambilan barang bukti termasuk barang rampasan.

Melalui Sikemala ini, masyarakat akan dengan mudah mengakses beragam informasi yang dibutuhkan tentang Kejaksaan.

“Ini self service. Nantinya masyarakat tinggal datang terus mengisi daftar tamu dan langsung mencari informasi yang dibutuhkan melalui interface layar sentuh yang sudah kita siapkan,” kata Sri, kepada Radar, kemarin.

Selanjutnya, Sikemala ke depan akan diintegrasikan ke teknologi android agar masyarakat dapat mengakses informasi Kejaksaan lewat handphone pintar.

Kemudian kehadiran PTSP tambah Sri, adalah untuk akselerasi pelayanan kepada masyarakat melalui satu pintu. Sehingga masyarakat yang datang ke kantor Kejaksaan tidak perlu lagi masuk ke ruangan-ruangan untuk bertemu dengan para petugas yang dibutuhkan sesuai urusan yang dibawanya.

“Demi untuk efisiensi dan efektivitas seluruh pelayanan Kejaksaan kepada masyarakat,” paparnya.

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP mengungkapkan pemerintah daerah sangat menyambut baik program Sikemala sebagai terobosan brilian dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Nantinya, masyarakat dibuat mudah dan cepat mendapat informasi yang dibutuhkan tanpa harus menunggu, apalagi ngantri ke ruangan-ruangan yang ada di Kejaksaan ini,” kata Ade. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.