SIM Gratis Diburu Warga Kota Tasik

526
0
PRAKTIK. Petugas memberikan arahan kepada warga dalam uji praktik pada program SIM gratis untuk warga kelahiran 1 Juli, Senin (1/7). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

BUNGURSARI – Polres Tasikmalaya Kota memberikan layanan surat izin mengemudi (SIM) gratis untuk masyarakat yang memiliki tanggal lahir sama dengan HUT Bhayangkara. Puluhan warga yang lahir di 1 Juli pun berbondong-bondong mengajukan pembuatan SIM.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota AKP Andriyanto SH MH menjelaskan, SIM gratis merupakan inovasi Polresta di momen HUT Bhayangkara. Untuk mendapatkan layanan SIM gratis, warga cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP). “Siapa pun warga yang lahir 1 Juli, kita bebaskan administrasinya,” ujar dia kepada Radar, Senin (1/7).

Kebijakan tersebut diberlakukan berawal dari analisis Sat Lantas di mana banyak petugas yang menemukan pelanggaran administrasi. “Kita lihat salah satu pelanggaran yang banyak ditemukan yaitu mereka tidak bisa menunjukkan SIM,” tutur dia.

Pihaknya tidak menyangka SIM gratis ini akan mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat. Sampai pukul 13.30, tercatat sudah ada 70 pemohon SIM yang berulang tahun 1 Juli terdata petugas. “Ternyata banyak juga yang lahir 1 Juli, barusan saya cek sudah sampai 70-an,” katanya.

Meskipun dibebaskan biaya administrasi, mekanisme untuk memperoleh SIM tetap ditempuh. Petugas tetap melakukan tes secara tertulis, praktik juga kesehatan sehingga pemegang SIM benar-benar layak berkendara. “Proses tetap ditempuh, dari mulai teori sampai praktik,” katanya.

Salah satu pemohon SIM, Ruslan (46) awalnya tidak begitu yakin dengan program SIM gratis ini. Namun, setelah bertanya kepada para petugas, barulah dia percaya. “Tadinya agak ragu, tapi ternyata benar gratis,” katanya.

Tidak tanggung-tanggung, Ruslan langsung mengajukan permohonan SIM C dan A. Setelah melalui prosedur yang ditentukan, dia pun berhasil mengantongi dua SIM. “Ya kan mumpung gratis,” kata dia. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.