SIM Gratis untuk Juli Mulai Dibuka

2083
0
AKP Dadang Supriadi
Loading...

BANJAR – Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana akan menggratiskan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi yang bernama Juli.

Namun hingga kemarin (20/6) belum ada pemohon yang memenuhi syarat, yakni bernama Juli dan lahir pada tanggal 1 Juli.

“Bagi pemohon yang memenuhi syarat sudah bisa membuat SIM gratis dari sekarang. Nanti batas akhirnya sampai tanggal 1 Juli,” ungkap Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana melalui Kasat Lantas Polres Banjar AKP Dadang Supriadi di ruang kerjanya Kamis (20/6).

Ia menegaskan SIM gratis bagi kendaraan roda dua maupun lebih tetap melalui prosedur. Yakni melakukan pendafaran dan melengkapi berkas-berkas. Kemudian melaksanakan pemeriksaan medis serta mengikuti tes dan uji praktik. “Jika lolos, maka biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) akan kami tanggung alias gratis,” katanya.

Ia menjelaskan pemohon SIM gratis tidak dipatok untuk warga Kota Banjar saja. Warga lain seperti Kabupaten Ciamis, Pangandaran dan daerah lainnya diperbolehkan, asal bisa menunjukkan bukti jika benar-benar lahir pada tanggal 1 Juli dengan membawa kartu identitas.

“Untuk warga luar Kota Banjar juga boleh, tapi yang diutamakan untuk warga Banjar,” jelasnya.

Selain menggratiskan biaya PNBP SIM bagi pemohon yang bernama Juli yang lahir pada 1 Juli, Satlantas juga akan membuat kuis berhadiah bagi pemohon yang antre di ruang pelayanan SIM.

Loading...

“Rangkaiannya bukan hanya SIM gratis saja, selama ultah (HUT Bhayangkara) ini kita ada yang lain seperti menunggu antrean SIM kami kasih kuis,” katanya.

Dadang menjelaskan adapun biaya yang harus dikeluarkan pemohon pembuatan SIM sudah diatur sesuai PP Nomor 60 tahun 2016. Pembuatan SIM A baru pemohon wajib membayar biaya sebesar Rp 120.000 per orang. Sementara, jika ingin memperpanjang SIM A lama pemohon akan dikenakan biaya sebesar Rp 80.000 per orang. Pembuatan SIM C baru Rp 100.000 dan SIM C perpanjangan Rp 75.000. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.