Simulasi Pelaksanaan UNBK Hilangkan Grogi Siswa

25
SIMULASI. Sebanyak 347 peserta didik SMP Negeri 1 Singaparna mengikuti simulasi UNBK, Senin (18/3). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Singaparna menggelar simulasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (18/3). Persiapan ini untuk menghilangkan grogi terhadap 347 peserta didik.

Kepala SMP Negeri 1 Singaparna, Dadang Suherman MPd mengatakan simulasi ini lebih mengenalkan sistem UNBK kepada peserta didik yang akan mengikuti ujian nasional. “Jadi, para peserta didik ini bisa lebih familiar dengan UNBK. Sehingga mereka tidak grogi pada pelaksanaannya April nanti,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Lanjut dia, simulasi ini meliputi tata cara penggunaan komputer, cara menjawab sampai menyelesaikannya dengan benar. Sehingga, peserta didik ini bisa lebih tenang dalam mengerjakan soal UNBK.

Terang dia, dalam melaksanakan UNBK ini tidak boleh panik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Ketenangan dan belajar menjadi kunci berhasil dalam ujian nasional ini. “Meskipun UNBK tidak menentukan kelulusan, namun menjadi salah satu pertimbangan ketika masuk ke perguruan tinggi,” bebernya.

Selain persiapan peserta didik, terang dia, kesiapan dalam melaksanakan UNBK secara teknis pun sudah matang. Pihaknya menyiapkan 128 komputer dan empat ruangan yang akan digunakan UNBK. Termasuk menyediakan komputer cadangan apabila ada kerusakan dalam pelaksanaannya. “Kami juga menyiapkan genset untuk antisipasi listrik mati pada pelaksanaan UNBK,” paparnya.(obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.