Sinergikan RPJMD dengan Pembangunan Nasional

169
APRESIASI. Pelaksana tugas (Plt) Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto mengapresiasi masyarakat pada Hari Ulang Tahun ke-34 Desa Tanjungbarang Kecamatan Cikatomas, Minggu (1/4).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SUKSESNYA pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya bergantung dari berhasilnya pembangunan di 351 desa. Maka, perlu ada sinergi yang baik antara program pembangunan di kabupaten dengan di tingkat pusat. Sehingga akselerasi pembangunan nasional dapat tercapai dengan cepat.

Hal tersebut diutarakan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP saat menghadiri Hari Ulang Tahun ke-34 Desa Tanjungbarang Kecamatan Cikatomas, Minggu (1/4).

Untuk mempercepat pencapaian program pembangunan, kata Ade, Pemkab Tasikmalaya telah mengkaji ulang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 agar pelaksanaannya terfokus dengan baik.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya saat ini telah mencoba untuk menata, mengkaji dan memantapkan strategi yang tepat guna menyelesaikan masalah-masalah yang ada di tengah masyarakat. Fokus kita akan selesaikan dulu pada tiga masalah pokok. Yaitu bagaimana mengatasi masalah kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan masyarakat,” jelas Ade.

Ade mengajak peran serta masyarakat dalam memberikan masukan yang konstruktif untuk mempercepat proses pembangunan.

“Kami sangat menanti masukan dari masyarakat. Apa yang diperlukan masyarakat dalam membangun desa ini, jika ada jalan yang rusak, kami akan perbaiki. Jika butuh penerangan jalan kami akan upayakan agar masyarakat kita hidup dapat lebih nyaman,” tutur Ade.

Ade mengingatkan masyarakat di desa sudah selayaknya menikmati dana desa yang telah digelontorkan pemerintah setiap tahunnya.

“Pemerintah sudah menunaikan kewajibannya dengan memberikan transfer dana desa setiap tahunnya tanpa dipotong satu sen pun. Sudah saatnya masyarakat desa dapat hidup sejahtera. Masyarakat harus mengawal realisasi dana desa, sejauh mana manfaatnya dapat dirasakan,” ucap dia.

Pada bidang kesehatan, Ade memberikan perhatian khusus kepada warga Desa Tanjungbarang yang terkena penyakit stunting.

Ia menyarankan agar masyarakat segera berkoordinasi dengan pemerintah desa jika terjadi masalah serius yang harus cepat ditangani.

Antara lain dengan memanfaatkan fasilitas Unit Pelayanan Cepat Penanggulangan Kemiskinan (UPCPK).

Pada kesempatan tersebut, Ade meninjau jalan dan jembatan yang akan diperbaiki dengan menggunakan dana desa pada tahun anggaran 2018. (snd/rls/adv)

loading...