Siskeudes Efektifkan Pelaporan Anggaran Desa

286
0

SINGAPARNA – Sistem keuangan desa (Siskeudes) di Kabupaten Tasikmalaya dinilai telah berjalan dan membantu untuk efektivitas dan efisiensi dalam segi pelaporan termasuk pengontrolan dan evaluasi anggaran.

“Dari jumlah 351 desa yang ada, implementasi Siskeudes di Kabupaten Tasik sudah 100 persen,” ujar Iskandar Novianto, Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Negara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) usai workshop Evaluasi Implementasi Siskeudes di Gedung Islamic Center, Senin (29/10).

Iskandar mengatakan, Siskeudes prosesnya mulai dari perencanaan bagaimana input data anggaran sampai laporan. Dan laporan ini bukan hanya di desa tapi juga sampai ke kabupaten. “Aplikasi ini sebagai alat bantu desa agar tata kelola keuangan bisa berjalan dengan baik, selain itu alat bantu ini juga disediakan agar mudah dan cepat,” terangnya.

Kata dia, diharapkan desa-desa ini bisa fokus pada tujuan Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014. Jadi bagaimana desa menyerap aspirasi masyarakat dan permasalahan di desa.

Serta bagaimana memecahkan suatu masalah. “Jika dipersulit dengan tata kelola, mereka itu tidak akan fokus. Maka tujuan tata kelola melalui aplikasi ini, mereka bisa fokus pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarkat Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Tasikmalaya E Z Alfian mengatakan Siskeudes yang selama ini berjalan betul-betul membantu untuk efektivitas, efisiensi dalam segi pelaporan termasuk pengontrolan dan evaluasi anggaran.

Pada 2019, operator Siskeudes di desa semuanya harus sudah menguasai aplikasi ini. Karena kalau operatornya tidak menguasai akan terkendala saat pelaporannya. Maka dari itu, operator harus benar-benar berlatih soal aplikasi ini. “Mudah-mudahan aplikasi terbaru ini bisa segera keluar yang akan disosialisasikan kepada desa,” bebernya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.