Sistem Pengelolaan Sampah di TPA Nangkaleah Diubah

520
0

SINGAPARNA – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya akan menerapkan metode sanitary landfill di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nangkaleah Kecamatan Mangunreja. Metode ini dilakukan sebagai upaya menekan polusi udara yang dihasilkan dari bau sampah.

Metode sanitary landfill adalah pengelolaan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya yang kemudian ditimbun menggunakan tanah.

Kabid Pengurangan Penanganan Pengolahan B3 Pertamanan dan Pemakaman pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya Endang Sahrudin mengatakan, selama ini sampah selalu menjadi soal dan berdampak pada lingkungan, baik itu udara, tanah dan air yang berujung pada kesehatan masyarakat. Sehingga dengan pengelolaan metode ini bisa mengurangi risiko tersebut.

“Tahun depan kami mendapatkan bantuan dari Kementrian Lingkungan Hidup terkait pengembangan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, salah satunya dengan pengelolaan menggunakan metode sanitary landfill,” ujarnya kepada Radar, Jumat (22/11).

Kata dia, diterapkannya sistem tersebut diharapkan membantu mengurai persoalan sampah. “Penerapan metode ini masih dalam rancangan DED, setelah selesai akan diubah sistem pengelolaan sampah dari open dumping menjadi sanitary landfill. Untuk itu membutuhkan Rp 70 miliar, makanya kita harapkan bantuan dari pusat,” katanya.

Lanjut dia, setelah sistem pengelolaan sampah di TPA diubah. Pihaknya baru menginjak kepada penanganan atau penyediaan infrastruktur dan ke pengurangan sampah di masyarakat. “Salah satu program pengurangan sampah adalah TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle),” katanya.

Loading...

Selain mengurangi kuantitas sampah, kata dia, TPS 3R juga memberikan pembelajaran pengelolaan sampah kepada masyarakat melalui sumbernya dan penyerapan tenaga kerja. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.