Sistem Zonasi Dinilai Belum Optimal

167
0
DAFTAR. Calon peserta didik melaksanakan pendaftaran di SMAN 1 Ciamis, Sabtu (22/6). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMAYALA

CIAMIS – Paradigma sekolah unggulan masih menjadi daya tarik dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini. Mereka menganggap bersekolah di sekolah unggulan menjamin menjadi lulusan terbaik.

Seperti yang dikatakan Anita Andriani, pendaftar pada hari terakhir PPDB di SMA Negeri 1 Ciamis, Sabtu (22/6). “Saya mendaftar di sini (SMAN 1, Red), karena ke depan lulusannya terjamin,” kata warga Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis kepada Radar, Sabtu (22/6).

Lanjut dia, jarak dari rumahnya ke SMA Negeri 1 Ciamis mencapai 7,18 kilometer. Kemudian, sekolah ini merupakan salah satu unggulan, sehingga banyak diminati dalam PPDB tahun ini.

Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMA Negeri 1 Ciamis, Drs Edi Kosasih MPd mengapresiasi siswa yang sudah mendaftar. Sekolah ini menjadi favorit karena setiap tahun berhasil memasukan siswa didiknya di Saleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 40 persen. Itu, berarti penerimaan perguruan tinggi di atas sekolah SMA se-Kabupaten Ciamis. “Animo pendaftar PPDB di masyarakat setiap tahun banyak di sini (SMAN 1 Ciamis, Red). Sampai-sampai mengalihkan 200 calon peseta didik ke sekolah sekitar Kecamatan Ciamis zona B yakni SMAN 2, SMAN 3, SMAN 1 Baregbeg, dan SMAN 1 Sindangkasih,” katanya.

Terpisah, Wakasek Kesiswaan dan Ketua PPDB SMA Negeri 3 Ciamis, Dani Andrian SPd menyayangkan masih muncul paradigma sekolah unggulan. Padahal, hadirnya sistem PPDB untuk pemerataan kuantitas dan kualitas siswa yang berada di kota atau pinggiran. “Tapi di lapangan masih banyak calon peserta didik mengutamakan yang dianggap unggul dan berprestasi. Sedangkan pilihan yang kedua justru yang terdekat dari rumahnya,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, banyak masyarakat yang belum paham sistem zonasi PPDB. Tidak sedikit orang tua mendaftarkan anaknya ke sekolah berlabel unggulan, padahal di dekat rumahnya ada sekolah. “Misalnya kemarin ada orang tua siswa mendaftarkan anaknya ke SMA Negeri 1 Ciamis dan juga mendaftar ke sini (SMA Negeri 3 Ciamis, Red). Namun tidak bisa, karena diambil yang pertama mendaftar,” paparnya.(mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.